Motor Listrik Cina Ini Laris Manis di Indonesia, Nomor 2 Setelah Honda, Apa Kelebihannya?

Motor Listrik Cina Ini Laris Manis di Indonesia, Nomor 2 Setelah Honda, Apa Kelebihannya?

Motor Listrik Yadea--raselnews.com

RASELNEWS.COM - Selain Polytron Fox Air, ada satu lagi motor listrik asal Cina yang kini laris manis di Indonesia. Adalah yaitu Yadea T9.

Merek motor listrik ini sebenarnya masih sangat baru di Indonesia, baru resmi masuk pada Februari 2023. Namun, pada Agustus 2023, penjualannya sudah mencapai 2.000 unit. Hingga Januari 2024, total unit yang terjual telah mencapai 13.000.

Yadea, perusahaan motor listrik asal Cina, merupakan salah satu produsen motor listrik terbesar di dunia. Pada tahun 2023, penjualan global Yadea menduduki posisi kedua setelah Honda.

BACA JUGA:Wow! ALVA Hadirkan 3 Motor Listrik Terbaru di GIIAS 2024, Harga Cuma 11,5 Juta

BACA JUGA:Penjualan Motor Listrik Lesu, Padahal Pemerintah Sudah Gelontorkan Subsidi Rp 7 T Lebih

Di Indonesia, Yadea dipasarkan melalui distributor resmi, PT Indomobil Motor Internasional. Saat ini, mereka menawarkan tiga model motor listrik serta empat jenis sepeda listrik.


Motor Listrik Yadea--raselnews.com

Pada Mei lalu, Yadea mulai membangun pabrik pertamanya di Indonesia, yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat, dengan luas lahan 27 hektar.

Ini adalah pabrik kedelapan mereka di seluruh dunia, dan diperkirakan selesai serta beroperasi pada tahun 2026. Pabrik ini diprediksi dapat menyerap 3.000 tenaga kerja dan memproduksi hingga 3 juta unit motor listrik setiap tahunnya.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Motor Listrik Murah, Desain Vespa, Harga Mulai Rp 9 Jutaan

BACA JUGA:Hebatnya Vespa! Desain Kerap Ditiru Motor Listrik Cina Tapi Diam Saja, Ini Alasannya

Total investasi untuk pabrik ini diperkirakan mencapai USD 150 juta atau sekitar Rp2,4 triliun, dengan target ekspor ke Malaysia, Thailand, dan Timor Leste.

Salah satu keunggulan Yadea adalah motor-motornya sudah memenuhi syarat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sebesar 40%, dengan target mencapai 90% pada tahun 2027.

Berikut beberapa alasan mengapa motor listrik Yadea sangat laris di Indonesia:

BACA JUGA:Kekurangan Motor Listrik Alva Cervo Diungkap, Review Setelah 3 Bulan Pemakaian

BACA JUGA:United MX 1200, Motor Listrik Spesifikasi Mewah dengan Harga Terjangkau, Jarak Tempuh 80 KM

1. Desain Menarik

Motor Yadea hadir dengan desain yang menarik dan modern. Tiga model yang mereka pasarkan saat ini, yaitu Yadea G6, Yadea E8S Pro, dan Yadea T9, memiliki tampilan yang keren dan futuristik. Di antara ketiganya, Yadea T9 menjadi model paling laris.

2. Harga Terjangkau

Harga motor listrik Yadea sudah cukup terjangkau, dan masih mendapat subsidi dari pemerintah sebesar Rp7 juta. Sebagai contoh, Yadea T9 yang harga normalnya sekitar Rp21,5 juta, bisa dibeli hanya dengan Rp14,5 juta setelah subsidi.

Sumber: