Mengapa Warna Bola Mata Manusia Bisa Berbeda? Ada Biru hingga Abu-abu

Mengapa Warna Bola Mata Manusia Bisa Berbeda? Ada Biru hingga Abu-abu

Mengapa Warna Bola Mata Manusia Bisa Berbeda? Ada Biru hingga Abu-abu-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Pernahkah kamu memperhatikan variasi warna mata pada setiap orang. Jika dilihat dengan teliti, ada beberapa orang dengan bola mata berwarna biru, coklat tua, hijau, hazel hingga abu-abu.

Pernah bertanya-tanya mengapa warna mata setiap orang berbeda-beda?

Ternyata, warna indah pada bola mata seseorang ditentukan pigmen yang disebut melanin. Pigmen ini juga memberi warna pada kulit dan rambut manusia.

BACA JUGA:Bukan Cuma untuk Kecantikan dan Mengurangi Risiko Depresi, Ini Khasiat Lain Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Semakin banyak pigmen melanin dalam iris atau bagian mata yang mengatur jumlah cahaya yang masuk maka semakin gelap warna mata seseorang.

Berikut adalah persentase warna mata dalam populasi dunia:

- Coklat: 70-79 persen

- Biru: 8-19 persen

- Hazel: 5 persen

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan, yang Menolak Tua Wajib Tahu

- Abu-abu: 3 persen

- Hijau: 2 persen

- Merah atau ungu: Kurang dari 1 persen

- Heterochromia (warna mata sebagian atau seluruhnya berbeda): 1 persen

Sebagai contoh, mata coklat memiliki kandungan melanin tertinggi, sementara mata biru hampir tidak memiliki melanin. Warna biru sebenarnya adalah hasil dari cahaya yang dipantulkan oleh iris, fenomena yang dikenal sebagai hamburan Tyndall.

BACA JUGA:Siberian Iris: Bunga Cantik yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

Selain coklat dan biru, ada juga warna mata lain seperti hijau, abu-abu, dan hazel. Mata hijau muncul karena adanya sedikit melanin yang bercampur dengan efek hamburan Tyndall, sementara mata hazel memiliki kombinasi warna coklat, hijau, dan kuning.

Warna mata biasanya diwariskan dari orang tua, namun pewarisan warna mata tidak sesederhana itu. Banyak gen yang terlibat dalam menentukan warna mata, sehingga sulit memprediksi warna mata anak hanya dari warna mata orang tuanya.

BACA JUGA:Selain Mengatasi Jerawat dan Mencegah Penuaan, Ini Manfaat Lain Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

Meskipun warna mata biasanya sudah ditentukan sejak lahir, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan perubahan warna mata, salah satunya adalah usia.


Pada bayi, warna mata sering berubah seiring dengan bertambahnya usia karena produksi melanin yang terus berlangsung. Selain itu juga penuaan dan cedera mata juga bisa menyebabkan perubahan warna mata seseorang secara permanen.

BACA JUGA:Manfaat Timun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bagi mereka yang ingin mengubah warna mata secara sementara, lensa kontak berwarna bisa menjadi pilihan. Namun, perlu diingat bahwa warna mata hasil lensa kontak tidak akan persis sama dengan warna alami. (**)

Sumber: