Bupati Pertanyakan Perizinan PT.ABS

Bupati Pertanyakan Perizinan PT.ABS

KOTA MANNA - Pemkab Bengkulu Selatan (BS) mengelar rapat tindak lanjut penyelesaian PT. Agro Bengkulu Selatan (ABS) di Pino Raya, kemarin. Bupati BS Gusnan Mulyadi bahkan sampai mempertanyakan keseriusan pihak perusahaan terkait perizinan perkebunan kelapa sawit tersebut.

Bupati menyatakan masih ada perizinan yang belum sepenuhnya memantuhi aturan. Terutama perizinan Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan maupun pembuatan kebun plasma sebagimana syarat pendirian perusahaan. Belum lagi penyelesaian polemik lahan dengan warga yang sampai saat ini belum juga tuntas.

“Sejauh ini keseriusan perusahaan masih dipertanyakan! Karena sampai saat ini perizinan mereka belum lengkap sebagaimana persyaratan. Selain itu perusahaan diminta menyelesaikan polemik lahan yang juga tak kunjung tuntas,” tegas Gusnan.

Diakui Gusnan, perusahan tersebut sudah beroperasi meskipun perizinan belum lengkap. Begitupun dengan lahan yang bersengketa dengan PT. ABS yang sudah beberapa tahun dibiarkan terbengkalai.

"Untuk itu kami mempertanyakan kepada pemilik PT. ABS ini, tentang kejelasan izin lahan yang mereka kelola. Dari pertemuan tadi, langsung ditanggapi serius pihak perusahaan, mereka mengaku untuk serius kembali dan berniat kembali membangun perkebunan di Bengkulu Selatan,” terang Gusnan ditemui wartawan usai rapat, Rabu (13/10/2021).

Untuk itu pihak perusahaan meminta support dari pemerintah dan masyarakat untuk mendukung berdirinya PT. ABS. Lahan yang selama ini seolah-olah tidak tergarap, sesungguhnya sudah dilakukan pelepasan hak oleh masyarakat ke PT. ABS dan Bupati meminta masyarakat untuk tidak melakukan apapun terhadap lahan tersebut.

“Jangan sampai nantinya hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi, sebagai akibat dari hak perdata yang melekat pada PT. ABS itu terganggu oleh masyarakat. Masyarakat harus menahan diri,” papar Gusnan.

Sementara itu, Owner PT. ABS, Aji Sumargo, mengaku akan mengaktifkan kembali kegiatan-kegiatan yang bersangkutan dengan PT. ABS. “Semoga kedepannya PT. ABS di Bengkulu Selatan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Terkait gugatan masyarakat, kami akan melakukan sosialisasi dan bertemu langsung dengan masyarakat . Untuk itu kami meminta Kapolsek untuk memfasilitasi pertemuan ini bersama tim yang akan kami kirim,” sambung Aji.

PT. ABS nantinya, janji Aji, akan memulai dengan sesuatu yang baru ke arah hilirisasi, termasuk mengajak masyarakat untuk membangun sesuatu yang dibutuhkan seperti pabrik dan sebagainya. “Intinya kehadiran saya di Bengkulu Selatan ini untuk melakukan perluasan kebun, sehingga kedepannya bisa membuka lapangan pekerjaan yang lebih besar,” pungkas Aji. (one)

Sumber: