Pembunuhan Berujung Perusakan 2 Rumah Dilatari Perkara Jimat

Pembunuhan Berujung Perusakan 2 Rumah Dilatari Perkara Jimat

RASELNEWS.COM, KAUR - Pembunuhan Jika Radian Saputra (18), warga Desa Suka Rami II Kecamatan Kelam Tengah, Kabupaten Kaur oleh terduga pelaku berinisial WB (35), yang terjadi di Dusun Danau Pauh Desa Pulau Tengah Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin Provinsi Jambi, mulai menemukan titik terang.

Dari hasil pemeriksaan terhadap satu saksi kunci berinsial KK (17), warga Kaur, oleh penyidik di Polres Kaur, pembunuhan ini dilatarbelakangi perkara hilangnya jimat milik WB.

Dari pengakuan saksi juga, setidaknya korban dihabisi dengan empat kali bacokan. Kemudian korban dibungkus dengan tikar setelah itu dibungkus kembali dengan karung kemudian barulah dikubur pada lubang dekat dangau pelaku di Dusun Danau Pauh, Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin Provinsi Jambi.

"Saya mengetahui pristiwa itu setelah korban berteriak usai dibacok oleh pelaku," kata saksi KKK di hadapan penyidik.

Pembunuhan itu terjadi di tempat tidur. Untuk menutupi tindakan kejinya, jasad korban dibungkus lalu dimasukan dalam lubang kemudian ditimbun dengan tanah. Menurut saksi lagi, pembunuhan bermula ketika korban dituduh oleh terduga mencuri jimat miliknya.

Jimat itu berbentuk kain putih berbungkus. Perkara Jimat ini yang membuat terduga murka dan akhirnya tega menghabisi korban. Selain itu, korban dan terduga juga sempat berapa kali terlibat perselisihan saat bekerja.

Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono, S.IK, MH disampaikan Kasat Reskrim Iptu Indro Witayuda Prawira, S.TK, S.IK. dikonfimasi membenarkan sedang melakukan pemeriksaan kepada saksi. Sampai siang ini (15/2/2022) tim dari Polres Merangin Polsek Jangkat Polda Jambi sudah tiba di Polres Kaur untuk melakukan pemeriksaan saksi.

"Iya ada saksi sedang diperiksa, saat ini sedang berlangsung pemeriksaan, nanti saksi mungkin dibawa ke polres Merangin untuk pemeriksan lebih lanjut," ujar Kasat.

Diketahui mayat korban Jika Radian Saputra ditemukan dalam karung pada Sabtu (13/2/2022), di area perkebunan kopi Sungai Lanting, Dusun Danau Pauh, Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi pada pukul 17.00 WIB.

Korban dihabisi pada Kamis malam sekitar pukul 21.00 WIB. Diketahui korban bekerja bersama saksi dengan terduga pelaku untuk mengurus kebun kopi milik terduga yang sampai saat ini masih diburu oleh aparat setempat. Pembunuhan ini pun membuat keluarga korban marah dan merusak dua unit rumah milik terduga yang berada tak jauh dari kediaman korban. (jul)

Sumber: