Rencana Buat Pabrik CPO Mini Disentil Dewan

Rencana Buat Pabrik CPO Mini Disentil Dewan

HARGA TBS : Gubernur se Sunatera Selatan cari solusi naikkan harga TBS. Tampak antrean kendaraan pengangkut TBS di pabrik CPO di Provinsi Bengkulu-Sugio Aza Putra-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Rencana pembuatan pabrik CPO mini oleh Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi di sentil anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkulu Selatan.

Anggota DPRD Bengkulu Selatan, Riko Ferdiansyah, SP menyesalkan tidak adanya respon Pemda mengatasi harga TBS yang anjlok. Pemda seakan membiarkan dua pabrik CPO menetapkan harga seenaknya. Padahal harga beli Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di dua pabrik CPO di Bengkulu Selatan terendah se-Provinsi Bengkulu.

“Sangat disayangkan tidak ada ketegasan Bupati mengatasi harga sawit yang rendah. Harga (TBS sawit) di pabrik daerah kita terendah se-Bengkulu, bahkan kalah dari pabrik di Kaur dan Seluma. Kenapa bisa seperti itu? Pemda seharusnya tahu akar masalahnya,” ujar Riko.

BACA JUGA:Beli Solar Subsidi “Wajib” Miliki HP Android

Legislator PDI Perjuangan ini juga menyentil janji polisi Gusnan Mulyadi-Rifai Tajudin (GR) saat pilkada 2020. Dalam visi-misi keduanya, dituangkan janji untuk mendirikan pabrik CPO mini di setiap desa. Namun hampir dua tahun pemerintahan berjalan, belum ada tanda-tanda pabrik CPO mini berdiri.

“Katanya bupati mau buat pabrik CPO mini di setiap desa. Janji itu sangat ditunggu masyarakat, karena di daerah kita ini banyak masyarakat berprofesi sebagai petani sawit. Kalau sudah ada pabrik CPO mini disetiap desa, setidaknya bisa menjadi solusi ditengah anjloknya harga TBS sawit seperti yang terjadi saat ini,” ujar Riko.

Merangkak Naik

Sementara itu, pantuan Rasel di pabrik PT. BSL, kemarin (27/6), harga TBS sawit kembali merangkak naik. Dari sebelumnya naik Rp 100 per kg, kemarin kembali naik Rp 75 per kg. “Hari ini (kemarin) harga naik Rp75, menjadi Rp 1.035 per kg di pabrik,” kata Humas PT. BSL, Idius Safari, SH.

BACA JUGA:Mahasiswa Pamit ke Toilet, Ternyata Melahirkan

Meski harga TBS sawit mulai mengalami tren kenaikan, pabrik CPO belum dapat memastikan apakah kenaikan akan terus terjadi dan harga kembali normal lagi. Pihaknya menentukan harga tergantung instruksi dari manajemen pusat.

“Belum tahu di hari berikutnya, apakah terus naik atau turun lagi. Tapi mudah-mudahan terus naik, normal lagi seperti dulu,” tutup Idius. (yoh)

Sumber: sugio aza putra