Aih… Ada 95.261 Fakir Miskin di Bengkulu Selatan

Aih… Ada 95.261 Fakir Miskin di Bengkulu Selatan

ilustrasi miskin-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Dinas Sosial  Bengkulu Selatan (BS) terus menyampaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial  (DTKS). Dalam DTKS, tercatat 95.261 jiwa warga BS sebagai fakir miskin. Data ini masih terus dilakukan verifikasi oleh pihak Dinsos untuk akurasi data.

Kabid Penangan Fakir Miskin Dinas Sosial Syahriar S.Sos mengaku terus menyampaikan laporan melalui DTKS ke Kementerian Sosial, guna memberikan dukungan dan kerja sama agar pelaksanaan program penanganan fakir miskin berjalan baik dan bermanfaat.

"Guna mendukung ketepatan data sasaran bantuan sosial, maka melibatkan Pemerintah Desa/Kelurahan agar menyampaikan data ke Dinsos," tegas Syahriar. 

BACA JUGA:Kontraktor Terancam Tak Kebagian “Lukak”

Disampaikan Syahriar, penerima bantuan sosial melalui DTKS tentunya menjadikan pekerjaan rumah (PR) untuk dituntaskan. "Untuk diketahui, data fakir miskin terbaru berdasarkan laporan yang disampaikan ke pihak Kemensos sebanyak 95.261 jiwa dan 31.793 KK," terang Syariar.

Disamaikan Syahriar, DTKS fungsinya dirancang untuk memastikan seluruh data warga di dalamnya memiliki identitas tunggal dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang singkron dengan data kependudukan dan pencatatan sipil di pusat. Sedangkan verifikasi kelayakan data penerima bantuan social, dilakukan setiap bulan melalui aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial.

BACA JUGA:Bengkulu Selatan Kekurangan 300 Guru ASN

"Dalam penyelenggaraan penanganan fakir miskin itu sendiri, Dinsos berupaya dari tahun ke tahun ada penurun angka kemiskinan. Namun data yang ada menunjukkan ada ribuan fakir miskin yang tercatat,” tutur Syahriar. (one)

Sumber: dinas sosial bengkulu selatan