Wagub Bengkulu Minta Validasi Data Warga Miskin

Wagub Bengkulu Minta Validasi Data Warga Miskin

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi memberikan arahan dalam rakor pengentasan kemiskinan di BS yang dihadiri Wagub Bengkulu, Rosjonsyah beberapa waktu lalu-wawan suryadi-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu, Rosjonsyah selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi Bengkulu, Senin (1/8/2022) mendatangi Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), dalam rangka koordinasi TKPK dalam upaya program penanggulangan kemiskinan di Provinsi Bengkulu, terkhusus di Kabupaten BS. 

Dalam arahannya, Wagub meminta validasi data penduduk miskin sebagai dasar untuk mengetahui kondisi riil dan arah kebijakan pembangunan. "Saya minta pihak terkait dapat bekerjasama dalam validasi data penduduk miskin di Kabupaten Bengkulu Selatan,” ujar Rosjonsyah.

BACA JUGA:Amankan Festival Tabot, 120 Personel Diturunkan

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) BS, H.Rifa’i Tajuddin,S.Sos menyebut, data kemiskinan BS pada 2021 adalah sebesar 18,16%. Trend peningkatan angka kemiskinan di BS ini adalah dampak yang ditimbulkan dari pandemic Covid-19 yang melanda dunia. Saat ini BS terus berupaya melalui program-program Pemda untuk menurunkan statistik jumlah penduduk miskin di Bumi Sekudang Setungguan. 

Dikatakan Wabup, pada RPJMD, BS menargetkan penurunan angka kemiskinan di 17,5 persen. "Kita harapkan penurunan angka kemiskinan dapat terakomodir melalui program-program Pemerintah Daerah," pungkas Rifa'i.

Usai menghadiri rakor penanganan kemiskinan di aula Bappeda-Litbang BS, Wagub didampingi Wabup juga melakukan kunjungan dan peninjauan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) di Desa Lubuk Sirih Ilir Kecamatan Manna. Dalam kesempatan itu, Wagub menyatakan jika terdapat sedikit perbedaan antara data yang dikeluarkan statistik dan data dari Dinas Sosial (Dinsos) yang berkaitan data-data kemiskinan. 

BACA JUGA:Polres Bengkulu Selatan Giatkan Senin Berbagi

Oleh sebab itu, Wagub meminta BS melakukan pendataan ulang supaya target dan sasaran dalam penanggulangan kemiskinan akan tercapai. Data yang sudah diperbaharui ini nantilah yang akan dijadikan acuan bagi TKPK Provinsi dan Kabupaten untuk menentukan langkah dan kebijakan yang tepat sasaran dalam melaksanakan penanggulangan kemiskinan di Provinsi Bengkulu dan terkhusus di Kabupaten BS. (one)

Sumber: