Input Pengajuan BOP PAUD Terakhir November

Input Pengajuan BOP PAUD Terakhir November

Ilustrasi PAUD-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Pengelola lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Bengkulu Selatan segera mengisi draf pengajuan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP). Karena tenggat waktu terakhir pengajuan draf tersebut bulan November atau bulan depan.

Kabid Pendidikan Luar Sekolah (Diklus) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) BS, Sarjono, S.Pd penginputan dilakukan ke sistem yang disediakan oleh Kemendikbudristek. “Penginputan ini serentak secara nasional. Jadi lembaga yang terlambat input, sudah pasti tidak dapat apa-apa,” ungkap Sarjono.

BOP merupakan bantuan yang dikucurkan untuk menunjang proses pembelajaran dan sistem pendidikan di lembaga PAUD.

“Syarat utama menerima bantuan yakni  lembaga pendidikan wajib mempunyai peserta didik minimal 15 orang dan terdaftar di pangkalan Dapodik,” sambung Sarjono.

BACA JUGA:Puluhan Lembaga PAUD Belum Terakreditasi

BOP diberikan Rp.600 ribu per peserta didik selama satu tahun. Semakin banyak peserta didik di suatu lembaga PAUD, anggaran BOP yang diterima juga akan semakin besar. “Makanya lembaga harus berlomba meningkatkan kualitas, agar peserta didik bisa bertambah. Kalau kualitas masih minim, orang tua siswa cenderung ragu memasukkan anaknya,” beber Sarjono.

Di BS, total ada 267 lembaga pendidikan luar sekolah. Rinciannya 21 TKN, 37 TK Swasta, 173 Kelompok Bermain, 5 TPA, 1 SPS, 1 SKB, 15 PKBM serta 14 lembaga kursus.

“Mudah-mudahan prosesnya berlangsung baik. Sebab kegiatan input data BOP maupun Dapodik adalah rutinitas yang dilakukan lembaga pendidikan,” demikian Sarjono. (rzn)

Sumber: dikbud bengkulu selatan