Pasar Bawah Akan Dibangun Pemecah Ombak

Pasar Bawah Akan Dibangun Pemecah Ombak

TINJAU: Wabup Bengkulu Selatan meninjau lokasi pendangkalan muara Sungai Air Manna di Pasar Bawah-wawan suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Pemda Bengkulu Selatan akan membangun pemecah ombak di muara sungai Air Manna Pantai Pasar Bawah.

Tujuannya untuk mencegah pendangkalan di mulut muara Sungai Air Manna yang selama ini menjadi kendala para nelayan saat hendak melaut maupun pulang dari melaut.

Ini merupakan kabar gembira bagi para nelayan di Kabupaten Bengkulu Selatan, terkhusus nelayan Pasar Bawah Kecamatan Pasar Manna.

Karena selama ini persoalan pendangkalan alur muara sungai Air Manna ini sering menjadi pemicu terjadinya kecelakaan.

BACA JUGA:Mulut Muara Sungai Air Manna Dangkal Lagi, Perahu Kesulitan Keluar Masuk

Bahkan beberapa kali terjadi perahu nelayan karam saat hendak keluar atau masuk mulut muara sungai Air Manna akibat pendangkalan.

Akibatnya nelayan mengalami kerugian materi dan pernah terjadi ada korban jiwa.

“Ya, benar masalah pendangkalan muara sungai Air Manna di Pasar Bawah itu sudah kami anggarkan pembangunan pemecah ombak di tahun 2023 mendatang," kata Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi.

Dikatakan Gusnan, rencananya pada pintu muara pantai akan dibangun dinding pemecahan ombak. Sehingga, dengan adanya dinding tersebut pendangkalan bisa teratasi. Agar aktivitas para nelayan untuk keluar masuk laut bisa lancar.

BACA JUGA:Sabuk Pantai Pasar Bawah Butuh Anggaran Rp 50 M

"Mudah-mudahan akan kita bangun dinding pemecah ombak agar dapat memudahkan lalu lalang perahu nelayan," kata Gusnan.

Menurutnya, pembangunan ini sebelumnya sudah diusulkan sejak beberapa tahun lalu. Bahkan, dana untuk pembangunan tersebut sudah diturunkan oleh pemerintah pusat. Hanya saja, pada saat bersamaan terjadi musibah di Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah.

"Memang benar dulu sudah ada dana dari Kementrian PUPR untuk membangun muara pantai tersebut. Namun secara bersamaan musibah di Donggala menimpa, sehingga dana ditarik kembali untuk di salurkan ke Donggala," demikian Gusnan. (one)

Sumber: bupati bengkulu selatan