Tahun Depan, Anggaran Tunjangan Profesi Guru Berkurang

Tahun Depan, Anggaran Tunjangan Profesi Guru Berkurang

Guru jenjang SD dan SMP memperbarui data di Dinas Dikbud Bengkulu Selatan, Rabu (28/12/2022)-rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Anggaran tunjangan profesi guru yang dikucurkan pemerintah ke Kabupaten Bengkulu Selatan akan berkurang.

Penyebabnya, dari tahun ke tahun, jumlah guru penerima tunjangan profesi atau tunjangan sertifikasi di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) terus berkurang.

Bahkan, per tahunnya lebih dari 60 guru bersertifikasi memasuki masa pensiun.

BACA JUGA:Anda Guru? Cek Rekening Sekarang, Dinas Dikbud Bawa Kabar Gembira Lagi Nih

Saat ini tinggal 1080 guru sertifikasi jenjang TK, SD dan SMP di Bengkulu Selatan yang masih aktif bertugas.

Jumlah ini berkurang dratis dari tahun 2021 yang jumlahnya masih diatas 1150 orang.

Kasi PTK Dikdas Bidang PTK Disdikbud Bengkulu Selatan, Iwan Irawan, SE, M.Si menjelaskan terus berkurangnya jumlah guru yang memiliki sertifikat pengajar secara langsung  mengurangi kucuran anggaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) yang diberikan Kemendikbudristek RI ke Kabupaten Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:Nasib 524 Honorer Guru Lulus Passing Grad di Provinsi Bengkulu, Diangkat PPPK? Ini Kata Sekda

Jika pada tahun 2021 anggaran TPG masih diatas Rp 14, 7 miliar. Tahun ini anggarannya berkisar Rp14 miliar saja.

“Jika dibandingkan dari daftar penerima TPG triwulan satu sampai dengan empat, ada sekitar 66 guru sertifikasi berkurang tahun ini. Jumlah ini sangat tinggi mengingat belum ada penambahan guru sertifikasi baru yang lolos seleksi,” ujarnya.

BACA JUGA:Ada Kabar untuk Guru! TPG dan Tamsil Triwulan 4 Ditransfer, Cek Rekening Yuk...

Dijelaskan Iwan, berkurangnya guru sertifikasi berdampak bagi layanan pembelajaran di sekolah. Sebab, guru sertifikasi dibebani jam mengajar hingga 24 jam full beserta tugas kependidikan lainnya.

“Kalau guru biasa, mereka hanya mengajar sebatas jam pelajaran efektif. Kalau guru sertifikasi tugasnya lebih dan kualitasnya juga sudah pasti lebih maksimal,” beber Iwan.

BACA JUGA:Kabar Gembira!!! Seleksi PPPK Guru Jalur Umum Tetap Digelar

Sementara untuk penambahan kuota guru sertifikasi, belum ada kebijakan dari pusat yang menetapkan langsung proses seleksi dan kuota penerimaan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Tahun 2023 mendatang jumlah guru sertifikasi akan semakin banyak berkurang. Bisa jadi angkanya dibawah seribu dan berpengaruh lebih besar lagi bagi proses pembelajaran di sekolah. (rzn)

Sumber: