Pemerintah Siapkan Bantuan Dana Bergulir untuk UMKM

Pemerintah Siapkan Bantuan Dana Bergulir untuk UMKM

Kabid Koperasi dan UMKM Disperindagkop Bengkulu Selatan menunjukkan contoh barang industri lokal yang bisa bersaing di pasar global-rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Pemprov BENGKULU melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) masih mendata pelaku usaha di daerah ini.

Pendataan dilakukan untuk program peningkatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Polres Seluma Bekuk Curanmor 2 TKP

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu, Erdiwan mengatakan, saat ini baru tiga kabupaten yang didata. Yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Bengkulu Utara.

"Jumlahnya ada sekitar 89 ribu pelaku usaha di tiga kabupaten itu," kata Erdiwan.

BACA JUGA:Ingat!!! Lowongan Kerja IKN Non-PNS Ditutup 24 Februari 2023: Cek Formasi, Tahapan, Dokumen & Cara Pendaftaran

Erdiwan mengatakan, pendataan pelaku usaha menjadi fokus tahun ini.

Pendataan juga akan dilakukan di tujuh kabupaten lainnya yakni Kabupaten Bengkulu Selatan, Kaur, Bengkulu Tengah, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, dan Mukomuko.

BACA JUGA:Pengakuan Ketua Panwascam Manna ke Kades Melao Dibantah Komisioner Bawaslu Bengkulu Selatan, Siapa Berbohong??

Dalam waktu dekat ini, Pemprov Bengkulu akan terlibat dalam Indonesia Maju Forum 7 Expo yang diselenggarakan pada 1-4 Juni 2023 di Jakarta dan memperkenalkan produk-produk UMKM di daerah ini.

BACA JUGA:Pasien Rawat Inap RSUD Kaur Kepanasan, Anggota Komisi II DPRD Kaur Meradang

"Selain memasarkan produk, kegiatan itu juga sebagai ajang memperkenalkan produk unggukan yang dimiliki Bengkulu sekaligus pertemuan para pelaku UMKM untuk bisa sharing ilmu dan lainnya," kata Erdiwan.

BACA JUGA:Jemaah Calon Haji Bengkulu Selatan Tambah Rp16 Juta? Kemenag BS: Tunggu KMA

Dikatakan Erdiwan, untuk program bantuan kepada UMKM tersedia dari dana bergulir yang disediakan pemerintah pusat melalui Lembaga Pengelola dana bergulir (LPDB).

Sumber: