DD Cawang Diaudit, Kerugiannya? Jaksa : Sangat Signifikan

Rabu 27-10-2021,12:30 WIB
Reporter : rasel03
Editor : rasel03

SELUMA - Inspektorat Seluma bersama dengan Kejari Seluma Selasa (26/10) siang mengaudit kerugian negara terhadap Dana Desa (DD) di Desa Cawang Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma.

Namun antara Jaksa dengan Inspektorat belum menjelaskan berapa kerugian yang ditimbulkan dari dugaan penyelewengan DD tersebut. Kajari Seluma Wuriadhi Paramita, SH, M.Hum melalui Kasi Pidsus Ahmadi, SH mengatakan, meski auditnya sudah selesai, namun kerugian belum diketahui

Pihaknya hanya menyebut jika kerugian yang ditimbulkan cukup signifikan. "Hari ini (kemarin) audit terakhir, kami gelar terakhir. Kerugiannya memang ada serta sangat signifikan. Tapi belum bisa kami sebutkan, nanti setelah ekspose perkara akan kami sampaikan," ujar Kasi Pidsus kepada wartawan.

Pihaknya akan memanggil lagi sejumlah saksi dalam kasus dugaan korupsi ini. Seperti kades dan perangkat Desa Cawang. Seperti diketahui dugaan penyimpangan DD terdapat pada pelaksanaan beberapa kegiatan. Diantaranya pemeliharaan jalan sebesar Rp 28 juta.

Kemudian pembangunan, pemeliharaan dan pengerasan jalan usaha tani (JUT) sebesar Rp 302 juta. Selain itu, pemeliharaan taman bermain anak sebesar Rp 16 juta. Selanjutnya, pemeliharaan jaringan sanitasi desa sebesar Rp 56 juta.

Pembangunan dan rehab jamban atau MCK desa sebesar Rp 68 juta. Sementara itu, Inspektur Daerah, Deddy Ramdhani, SE, M.SE, MA mengatakan bahwa untuk hasil audit sudah rampung. Tapi karena ini permintaan Jaksa Kejari Seluma sehingga mereka yang berhak menyampaikan. "Jaksa Kejari Seluma yang berhak menyampaikan hasil kerugiannya," pungkasnya. (rwf)

Tags :
Kategori :

Terkait