Hari Ini, Batas Akhir Daftar PPPK Tahap II

Jumat 19-11-2021,08:53 WIB
Reporter : rasel03
Editor : rasel03

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Informasi penting bagi calon peserta seleksi kompetensi tahap II PPPK guru di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Hari ini atau Jumat (19/11) adalah jadwal terakhir pengumuman dan pemilihan formasi yang bakal diikuti.

Calon peserta yang belum mendaftar, dipersilahkan untuk melengkapi berkas hingga pukul 23.59 WIB malam. Jika terlambat, calon peserta dianggap gagal melengkapi berkas dan dipastikan tidak termasuk daftar peserta seleksi nantinya.

“Pendaftaran dan pengumuman formasi sudah sejak 15 November lalu dan besok (hari ini) terakhir. Tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran dari pansel (panitia seleksi) pusat. Artinya, calon peserta harus jeli dan memanfaatkan kesempatan ini dengan maksimal,” ujar Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Manna, Diazdado Putrajaya, SE, M.Si.

Diteruskannya, untuk melengkapi berkas pendaftaran seleksi tahap II PPPK guru itu. Calon peserta dapat mengakses link pendaftaran di link https://sscasn.bkn.go.id, lalu klik daftar. Setelah itu, muncul laman pemilihan formasi dan penginputan berkas.

“Layanan ini bisa diakses melaluii hadphone dan bisa juga melalui komputer yang terhubung ke internet. Namun, kami sarankan agar melalui komputer saja. Sebab, tampilan di komputer lebih jelas dan lengkap,” kata Diazdado. Setelah pendaftaran dan berkas selesai diinput, peserta akan memasuki tahap verifikasi akun dan berkas.

Berkas peserta akan diperiksa pansel pusat. Kemudian diminta perbaiki jika terjadi kekeliruan data dan masih ada berkas yang kurang. “Ada waktu sekitar dua minggu sebelum pengumuman daftar peserta yang lolos administrasi. Di fase ini, peserta harus lebih gesit. Jika ada pemberitahuan berkas yang kurang, segeralah perbaiki dan input ulang,” imbau Diazdado.

Sebab, berkaca pada proses pendaftaran dan pemilihan formasi pada seleksi kompetensi tahap I PPPK guru dulu, peserta banyak sekali yang terlambat menginput berkas dan memilih formasi yang diinginkan. Akibatnya, data calon peserta tidak bisa diakses pusat dan jumlah yang lolos seleksi administrasi justru dibawah kuota penerimaan.

“Di tahap kedua ini, dari total kuota PPPK yang berjumlah 369 formasi, baru 64 formasi yang sudah terisi. Artinya ada 305 kursi PPPK guru lagi yang diperebutkan peserta. Harusnya kesempatan ini dikejar maksimal dan menjadi motivasi peserta,” katanya.

Sedangkan jadwal pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat seleksi kompetensi tahap II PPPK akan diumumkan 2 Desember mendatang. Pencetakan kartu peserta berakhir 5 Desember dan dilanjutkan dengan pelaksanaan seleksi pada 6-10 Desember.

“Pelaksanaan seleksi sudah dekat, tempatnya tetap digelar di daerah. Namun lokasinya belum ditentukan. Apakah masih di SMAN 2 (BS) ataupun mengalami perubahan belum diketahui,” demikian Diazdado. (rzn)

Tags :
Kategori :

Terkait