Bunga Matahari dan Semangka Gagal, Kini Tanam Alpukat

Minggu 21-11-2021,08:12 WIB
Reporter : Rasel01
Editor : Rasel01

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Pengolahan 1,5 hektar lahan di komplek kantor Bupati atau Sekretariat Daerah Kabupaten (Setkab) Bengkulu Selatan (BS) beberapa tahun terakhir ini tidak memberikan hasil, apalagi keuntungan. Mulai dari penanaman bunga matahari, semangka dan lain-lainnya selalu gagal.

Kualitas tanah yang kurang baik diduga menjadi penyebabnya. Meskipun demikian, Pemkab BS tetap akan memanfaatkan lahan tersebut agar bisa memberikan kontribusi. Kali ini Pemkab berencana menanam pohon alpukat dengan program holtikultura, dengan melibat Dinas Pertanian (Distan) dan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) BS.

Dipilihnya buah alpukat karena, dinilai memiliki hasil ekonomi yang cukup tinggi dibanding tanaman jenis lainnya. Kolaborasi Distan dan DKP nantinya bisa meningkatkan kualitas tanah agar buah yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus dan menguntungkan Pemkab BS.

“Sekarang kita coba tanam alpukat, karena nilai ekonomisnya tinggi. Kepada OPD teknis mohon dukungan agar tidak gagal lagi,” ujar Sekkab BS, Yudi Satria. Menurut Yudi, kegagalan dalam penanaman dalam pengolahan lahan selama ini harus dijadikan pengalaman dan pelajaran. “Mudah-mudahan kedepan pengolahan lahan di sekretariat daerah bisa lebih bagus dengan ditanami alpukat,” terang Yudi.(one)

Tags :
Kategori :

Terkait