Ini Tips Terhindar Dari Pelaku Jambret

Senin 17-01-2022,17:07 WIB
Reporter : rasel03
Editor : rasel03

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Aksi jambret bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Di awal tahun 2022 ini, setidaknya ada dua warga Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) yang melapor ke polisi karena menjadi korban jambret. Uang dan barang berharga lenyap digasak pelaku.

Menyikapi hal tersebut, Polres BS mengimbau masyarakat selalu waspada agar tidak menjadi korban jambret. Pelaku jambret banyak mengincar kaum perempuan. Dari kasus jambret yang diungkap polisi, hampir semua korban perempuan.

“Pelaku menjadikan perempuan sebagai target bukan tanpa alasan. Selain karena perempuan lemah, juga karena perempuan sering ceroboh, seperti membawa tas selempang, meletakan tas di bagasi depan motor dan juga mengenakan perhiasan mencolok,” kata Kapolres BS, AKBP Juda T Tampubolon, SH, SIK, MH melalui Kasat Reskrim, Iptu Fajri Chaniago, STK, SIK.

Agar tidak menjadi korban jambret, Kasat Reskrim menyarankan tidak tampil mencolok karena dapat mengundang pelaku jambret. Saat berkendara menggunakan sepeda motor sebaiknya tidak membawa tas ataupun barang berharga lainnya.

Kalaupun mau dibawa dimasukan dalam bagasi di bawah jok motor, dan jangan berkendara sendiri pada malam hari ataupun di tempat sepi. “Lebih baik waspada, sebelum menyesal setelah menjadi korban,” imbaunya.

Selain meminta masyarakat waspada, jajaran Polres BS juga melakukan pecegahan untuk mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan untuk beraksi. Diantaranya rutin patroli pada jam rawan. “Anggota Polsek dan Polres rutin patroli setiap malam di jalur-jalur yang rawan kejahatan,” demikian Kasat Reskrim. (yoh)

Tags :
Kategori :

Terkait