Harusnya PLN Miliki Cadangan Listrik

Senin 24-01-2022,11:12 WIB
Reporter : rasel02
Editor : rasel02

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Anggota DPRD BS Ikhsarudin, SH menyoroti pemadaman listrik di wilayah BS sejak Kamis (20/1) malam akibat tiang SUTET PLN roboh diterjang longsor. Pemadaman yang terjadi berhari-hari menimbulkan kerugian besar pelanggan PLN.

“Pemadaman listrik yang terjadi berhari-hari ini sangat disayangkan. Sangat merugikan masyarakat. Di satu sisi memang pemadaman terjadi akibat faktor bencana alam, tapi seharusnya ada solusi mengatasi hal ini supaya pemadaman tidak terjadi dalam waktu cukup lama,” kata Ikhsarudin. Berita lainnya KLIK DISINI

Legislator PKP ini meminta PLN dan Pemda BS memikirkan cara untuk mengantisipasi jika peristiwa serupa terulang. Salah satunya menyiapkan cadangan listrik di daerah. Jangan sampai pelanggan PLN kembali menjadi korban jika pemadaman dalam waktu lama terjadi lagi.

“Seharusnya daerah menyiapkan cadangan listrik yang mampu menjadi solusi jika pasokan listrik dari gardu induk terputus seperti sekarang ini. Soalnya kalau hanya mengandalkan listrik dari gardu induk, kasihan pelanggan yang menjadi korban pemadaman berhari-hari,” ujar Ikhsarudin.

Besar kemungkinan tiang SUTET PLN kembali roboh, karena jalur tiang tersebut berada di tengah hutan dan lokasinya cukup rawan longsor. Artinya antisipasi di daerah sangat perlu dipersiapkan.

“Pasokan listrik lokal, seperti pembangkit listrik di Batu Balai itu harus dimaksimalkan untuk memasok listrik ke pelanggan jika ada gangguan dari gardu induk. PLN dan Pemda harus bekerjasama mecari solusi kedepan agar pemadaman lama seperti yang terjadi sekarang tidak lagi terjadi kedepan,” tutup Ikhsarudin. (yoh)

Tags :
Kategori :

Terkait