Pelayanan OPD Masih Buruk, Bupati Kecewa

Rabu 16-02-2022,15:15 WIB
Reporter : rasel03
Editor : rasel03

RASELNEWS.COM, SELUMA - Bupati Seluma, Erwin Octavian mengaku sangat kecewa dengan kinerja beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) lingkungan Pemkab Seluma. Ini tercermin dari penilaian Ombudsman Provinsi Bengkulu yang merilis masih ada beberapa OPD yang mendapatkan nilai kinerja buruk.

Beberapa OPD yang mendapatkan penilaian buruk antaranya Dinas Kesehatan yang mendapatkan nilai 5 secara keseluruhan pelayanan. Kemudian Dinas Pendidikan mendapatkan nilai 2.

Berbeda dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang mendapatkan nilai 8 secara keseluruhan pelayanan yang dijalankan. Penilaian yang dilakukan oleh Ombudsman ini berdasarkan Hasil penilaian kepatuhan tentang standar pelayanan penyelenggaraan pelayanan sesuai UU nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

"Ini harus menjadi evaluasi bersama. Kenapa sampai ada OPD yang mendapatkan nilai 2 seperti Dinas Pendidikan. Ini artinya sama sekali tidak ada orangnya di Dinas Pendidikan. Dari mulai pelayanan administrasi sekolah, pelayanan legalisir. Serta pelayanan lainnya. Seluruhnya nilai 2. Jadi kepala Dinas Pendidikan harus malu. Atas penilaian yang diberikan oleh Ombudsman ini," tegas Bupati, kemarin.

Sedangkan untuk Dinas Kesehatan, Bupati mengatakan masalah administrasi kesehatan. Penerbitan surat izin praktik kemudian juga surat kesehatan lainnya masih berjalan lamban. “Jangan sampai ada pelayanan yang lambat atau yang diperlambat. Jika memang sudah sesuai, maka harus segera diproses dan diterbitkan,” tegasnya.

Bupati mengatakan OPD yang penilaian buruk dari Ombudsman akan dievaluasi. Termasuk kepala OPD akan diberikan teguran agar memperbaiki pelayanan. Serta melakukan perbaikan di semua bidang pelayanan.

"Atas penilaian Ombudsman ini, kami memberikan apresiasi dan akan melakukan perbaikan di semua bidang. Sehingga harapan kedepan pelayanan semakin baik," pungkas Bupati. (rwf)

Tags :
Kategori :

Terkait