Pencuri Terekam Kamera CCTV, Ketika Ditangkap Warga Ternyata Pelajar SMK

Kamis 24-03-2022,09:47 WIB
Reporter : rasel03
Editor : rasel03

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Pencuri terekam kamera CCTV ketika beraksi Rabu (23/3) dini hari. Ketika ditangkap, ternyata pelaku berstatus pelajar SMKN di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), berinisial Al (15), warga Kecamatan Pasar Manna.

Ketika itu, Al ketahuan mencuri besi rongsokan milik Ahmad Kandut (58), warga Jalan Iskandar Baksir Desa Batu Lambang Kecamatan Pasar Manna. Al tak sendiri. Ia mencuri bersama tiga rekannya yang berhasil kabur dari kepungan warga.

Kapolres BS, AKBP Juda T Tampubolon, SH, SIK, MH melalui Kapolsek Kota Manna, AKP Sukari, SE mengatakan tersangka diamankan sekitar pukul 01.12 WIB, kemarin. Ketika Anggota Polsek Kota Manna tengah berpatroli, melihat warga ramai berkerumun.

“Melihat ada warga ramai, langsung didekati, ternyata menangkap pencuri. Pelaku kemudian langsung diamankan dan dibawa ke Mapolsek untuk mengantisipasi amuk massa dan pemeriksaan lebih lanjut,” beber Kapolsek.

Kepada polisi, Al yang masih duduk di bangku kelas IX SMK ini mengaku beraksi bersama tiga rekannya. Namun ketiga rekannya berhasil kabur ketika aksi mereka dipergoki korban. Sedangkan ia sendiri, tidak berhasil kabur sehingga menjadi sasaran amukan warga.

“Tersangka beraksi bersama tiga temannya yang masih kabur, kami akan cari tiga pelaku itu. Sementara tersangka akan kami upayakan diversi karena masih anak di bawah umur. Tapi kalau diversi tidak berhasil, akan dilanjutkan sampai ke pengadilan,” tegas Kapolsek.

Sementara itu, korban yang berprofesi sebagai penampung barang rongsokan ini mengaku sudah sering kemalingan. Dalam tempo dua bulan, sudah lebih lima kali besi miliknya hilang. “Sudah sering kemalingan pak. Ini yang ketujuh kalinya,” ungkap korban.

Karena sering menjadi sasaran maling, korban pun memasang kamera CCTV di sekitar rumahnya. Berkat kamera CCTV itulah, aksi Al bersama tiga rekannya berhasil dipergoki. Korban kemudian mengajak pihak keluarga dan warga mengepung pelaku.

“Aksi mereka ini (Al dan teman-temannya) terlihat di CCTV, saya ajak warga mengepung. Tapi sayangnya yang tiga masih berhasil lari, hanya satu ini yang tertangkap,” cerita korban.

Sementara Al mengaku, tujuannya bersama teman-temannya mencuri besi untuk dijual kembali. Uang hasil penjualan akan digunakan untuk membayar atau menebus HP temannya yang digadai.

“Saya baru kali ini mencuri pak. Rencananya besi itu akan kami jual untuk nebus HP kawan,” ujar Al yang mengaku sering menyalahgunakan pil Samcodin untuk mendapatkan sensasi mabuk. (yoh)

Tags :
Kategori :

Terkait