Tahap I Tuntas DD Tahap Dua Baru Sebagian

Jumat 29-04-2022,12:32 WIB
Reporter : Rasel01
Editor : Rasel01

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Proses pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I dari 142 desa di Bengkulu Selatan tuntas. Begitupun untuk penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa, juga sudah selesai.

Sedangkan untuk proses pencairan DD tahap dua sebagian desa sudah mulai mengajukan melalui KPPN Manna. Namun, untuk pencairan ADD belum satupun desa yang memproses pengajuan di BPKAD. Kepastian ini berdasarkan laporan pihak Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bengkulu Selatan.

“Sudah puluhan desa yang mengajukan proses pencairan tahap dua, sudah diterbitkan surat perintah pembayaran (SPM) untuk dicairkan melalui KPPN Manna,” kata Sekretaris DPKAD BS, Assilawati M.Si.

Dikatakan Assilawati, proses pencairan DD tetap melalui KPPN Manna. Pihak DPPKAD hanya memproses dokumen SPM, sedangkan untuk ADD semuanya diproses di BPKAD. Pihaknya berharap agar Pemerintah Desa (Pemdes) yang belum mengajukan dokumen pencairan  tahap dua ini untuk dapat segera mengajukan pasca lebaran Idul Fitri 1443 H nanti. Agar bisa diproses pencairan. Sehingga seluruh kegiatan dapat terlaksana sesuai jadwal. Termasuk kegiatan pembangunan fisik maupun pemberdayaan.

“Kami berharap untuk proses pengajuan bagi Pemdes yang belum segera disampaikan setelah lebaran nanti,” pungkasnya. Untuk mengajukan pencairan DD dan ADD tahap dua ini syaratnya tidak sulit. Hanya menyampaikan laporan kegiatan anggaran DD dan ADD tahap pertama. (one)

Tags :
Kategori :

Terkait