Lima Kasus Baru HIV di Bengkulu Selatan

Rabu 11-05-2022,12:49 WIB
Reporter : Rasel01
Editor : Rasel01

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN  – Sepanjang tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Selatan mencatat ada lima kasus baru HIV/AIDS. Rerata warga yang terkonfirmasi ini berada distadium 2. Untuk itu, Dinkes mengimbau masyarakat waspada terhadap penularan virus tersebut, selain selalu mewaspadai Covid-19. Karena sampai saat ini belum ada obat yang ampuh untuk menyembuhkan HIV/AIDS .

Kabid P2PL Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan, Bayu Syaputra mengatakan, jumlah kasus HIV/AIDS di Bumi Sekundang Setungguan sudah memperihatinkan. Dengan penambahan lima kasus baru HIV/AIDS di awal tahun ini sudah menunjukkan bahwa penularan virus ini sudah harus diwaspadai oleh semua orang.

“Setiap tahun selalu saja ditemukan kasus baru. Bahkan di tahun 2021 lalu penambahanya cukup tinggi ada 15 kasus yang terdeteksi, bahkan satu meninggal dunia,” kata Budi Syaputra.

Dikatakan Budi, penularan virus HIV/AIDS ini tertinggi penularannya melalui hubungan seks bebas. Untuk itu, pihak Dinkes selalu mengingatkan warga untuk membatasi pergaulan bebas. Penularan virus ini terbilang cukup cepat. begitu terjadi kontak, virus langsung berpindah. Jika sudah tertular, penanganan sulit dan membutuhkan perawatan khusus serta waktu yang panjang serta.

Selain melalui kontak fisik hubungan seksual, virus ini juga bisa menular melalui benda. Seperti alat cukur dan pakaian. Sejauh ini belum ditemukan obat yang ampuh untuk membunuh HIV secara cepat.

Budi menambahkan, dari kasus yang sudah terkonfirmasi semuanya sudah ditangani secara medis. Kesehatan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) selalu dipantau. mereka juga rutin mendapatkan obat. “Semua kasus sudah mendapat penanganan khusus,” terang Budi. (one)

Tags :
Kategori :

Terkait