Ayooo Aktifkan Kembali Budaya Gotong Royong

Minggu 22-05-2022,16:33 WIB
Reporter : rasel03
Editor : rasel03

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Untuk mencapai desa yang makmur dan bersih dari sampah, Camat Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Sulaiman Effendi, SE, M.Si mengajak seluruh pemerintah desa (Pemdes) yang berada di bawah naungannya untuk aktif gotong royong (goro) membersihkan lingkungan.

Hal ini ia sampaikan ketika menghadiri kegiatan camer (camat membaur) ke dusun, di Desa Karang Cayo beberapa hari lalu.

“Goro harus ditingkatkan, Pemdes selaku ujung tombak pembangunan di desa harus lebih aktif dan peka terhadap kebersihan lingkungan. Lakukan goro minimal sekali dalam sepekan,” ujarnya.

Diteruskan Ef sapaan akrab Sulaiman Effendi, adanya goro kebersihan lingkungan juga akan mencipatakan lingkungan desa lebih sehat. Sehingga, masyarakat lebih nyaman beraktifitas dan terhindar dari wabah penyakit menular.

“Wabah penyakit kadangkala datang akibat lingkungan yang kotor atau pemukiman kumuh. Makanya, antisipasi goro rutin adalah langkah terbaik,” katanya.

Di sisi lain, Ef juga mengharapkan kerjasama dari setiap pemdes untuk giat mendata setiap warga yang mengalami sakit tertentu, ataupun sakit yang membutuhkan perawatan khusus. Data ini nantinya bakal menjadi pegangan pihak camat, dalam menyampaikan laporannya ke Dinas Kesehatan (Dinkes) BS maupun Pemkab BS.

“Mungkin yang terhalang berobat karena biaya bisa dibantu, makanya harus ada data terlebih dahulu. Ini akan kami cek secara berkala dan Pemdes harus lebih aktif,” pungkas Ef. (rzn)

Tags :
Kategori :

Terkait