15 Sapi Terbesar di Dunia, Ada yang Beratnya 2 Ton, Cocok Untuk Kurban Nih

Kamis 13-06-2024,17:26 WIB
Reporter : Aman Santoso
Editor : Andri Irawan 01

RASELNEWS.COM - Ada puluhan jenis sapi di dunia, baik sapi pedaging maupun perah yang memiliki ukuran tidak biasa hingga dijuluki sapi monster atau terbesar di dunia.

Namun, hanya beberapa yang populer di Indonesia, seperti Limousin, Simental, Brangus, dan Brahman yang dikenal sebagai sapi jumbo atau sapi monster.

Sebenarnya masih banyak lagi yang harus kalian ketahui karena ada beberapa ras sapi yang super besar tersebar di dunia.

Berikut ini adalah 15 jenis sapi terbesar di dunia.

BACA JUGA:Diserang Nyamuk, Ratusan Sapi Mati, Pemilik Ternak Diimbau Pasang Kelambu

1. Sapi Maine-Anjou

Sapi Maine-Anjou berasal dari daerah Maine dan Anjou di Prancis, dikembangbiakkan pada abad ke-19. Sapi ini memiliki bulu berwarna merah tua dengan bercak putih di tubuhnya.

Tubuh mereka besar dengan otot yang baik dan kaki yang kuat. Sapi jantan dari ras ini bisa mencapai berat 1,4 ton, sementara betinanya sekitar 900 kg.

Tingginya sekitar 150 sampai 200 cm. Sapi Maine-Anjou bernama Fetat ini justru memiliki berat di atas sapi Maine-Anjou pada umumnya, yaitu 1,9 ton.

Maine-Anjou dikenal karena sifatnya yang jinak dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

BACA JUGA:Warga Desa Talang Padang Temukan Sesuatu di Perut Sapi yang Dimutilasi

2. Sapi Chianina

Sapi Chianina adalah salah satu ras sapi tertua yang berasal dari Italia, dengan sejarah yang dapat ditelusuri hingga zaman Romawi kuno.

Sapi ini memiliki bulu putih atau krem dengan ujung ekor dan bagian tubuh lainnya lebih gelap. Tubuh Chianina sangat panjang dengan kaki yang panjang dan otot yang sangat baik.

Jantan dari ras ini beratnya mencapai 1,8 ton, sementara betina sekitar 800 kg. Tingginya mencapai 160 cm dan panjangnya sekitar 2 m.

Ras ini terkenal karena dagingnya yang berkualitas tinggi dan sering digunakan dalam produksi steak Fiorentina yang terkenal di Italia.

Kategori :