Dokter spesialis jantung dan Pembuluh Darah Ungkap Penyebab Stroke pada Anak Muda

Minggu 29-09-2024,15:19 WIB
Reporter : Aman Santoso
Editor : Andri Irawan 01

RASELNEWS.COM - Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Hamed Oemar menyebut salah satu penyebab utama stroke pada anak muda, khususnya stroke kriptogenik (stroke yang penyebabnya tidak diketahui), adalah Patent Foramen Ovale (PFO).

"PFO artinya lubang berbentuk oval di jantung yang tetap terbuka dan tidak menutup," ujar Hamed dalam siaran oleh Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) Mahar Mardjono di Jakarta, Jumat.

BACA JUGA:Kolesterol Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung dan Stroke, Berikut Obat Ampuh Penurun Kolesterol di Apotek

BACA JUGA:Jangan Terlambat! Kenali Faktor Stroke Sejak Dini! Berikut Langkah Yang Harus Dilakukan!

Ia menjelaskan bahwa semua manusia memiliki foramen ovale saat lahir, yang seharusnya menutup secara alami setelah lahir.

Lubang ini berfungsi untuk membantu janin bernapas melalui plasenta. Namun, jika lubang tersebut tetap terbuka, kondisi ini disebut sebagai PFO.

Menurut Hamed, secara statistik, satu dari empat orang di dunia memiliki PFO.

BACA JUGA:Selain Hiburan, Mendengarkan Musik Baik untuk Kesehatan, Bantu Redakan Sendi Hingga Pemulihan Stroke

BACA JUGA:Waspada Stroke Menyerang, Kenali Penyebab dan Cara Mendeteksinya

Ia menekankan bahwa PFO bukanlah penyakit, melainkan variasi anatomis seperti bentuk mata atau hidung. PFO sering kali ditemukan secara tidak sengaja dan biasanya tanpa gejala.

Hamed juga menambahkan bahwa tidak semua PFO menimbulkan masalah, namun sekitar setengah dari populasi dengan kondisi ini berisiko mengalami stroke.

Stroke terjadi ketika bekuan darah melewati foramen ovale, masuk ke aorta, dan kemudian dipompa ke otak hingga menyebabkan penyumbatan, yang disebut stroke iskemik.

BACA JUGA:Perbedaan dan Keunggulan Antara Bore Up dan Stroke Up pada Modifikasi Motor

BACA JUGA:Jangan Abaikan Stroke Ringan! Ini Ancamannya

Ia menjelaskan bahwa bekuan darah tersebut biasanya berasal dari kaki atau paha, sehingga mereka yang memiliki varises perlu waspada, terutama jika tidak mengetahui bahwa mereka memiliki PFO.

"Jika seseorang memiliki varises yang parah dan kaki yang bengkak, sebaiknya periksa jantung untuk memastikan tidak ada lubang seperti PFO," tambahnya.

BACA JUGA:Ingat! 6 Jajanan Pasar Ini Mengandung Kolestrol Tinggi, Stroke dan Serangan Jantung Menghantui

BACA JUGA:Konsumsi Kafein dari 3 Gelas Kopi Sehari Bisa Bikin Jantung Sehat

Selain stroke, PFO juga bisa menyebabkan masalah lain, seperti sakit kepala atau migrain, gangguan memori, mini stroke, dan gangguan penglihatan. (**)

Kategori :