Jerawat Tumbuh di Dada? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Senin 30-09-2024,10:37 WIB
Reporter : Andri Irawan 01
Editor : Andri Irawan 01

RASELNEWS.COM - Jerawat bisa muncul di berbagai tempat, tidak hanya di wajah atau punggung. Siapa sangka, jerawat juga bisa muncul di dada, yang tentunya menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu penampilan.

Selain itu, rasa percaya diri bisa menurun, terutama bagi kamu yang ingin mengenakan pakaian terbuka di bagian atas. Lalu, apa saja penyebab jerawat di dada, dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini:

BACA JUGA:10 Cara Alami Menghilangkan Jerawat, Mudah dan Effektif

BACA JUGA:Jerawat Saat Hamil? Begini Cara Mengatasinya, Jangan Konsumsi Obat Jenis Ini

5 Penyebab Jerawat di Dada

Area dada juga dapat mengalami masalah kulit, seperti jerawat. Ini bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari remaja hingga orang dewasa. Berikut beberapa penyebab jerawat di dada:

1. Kurang Menjaga Kebersihan Tubuh

Menjaga kebersihan tubuh sangat penting untuk mencegah masalah kulit seperti jerawat, terutama di area dada yang sering tertutup, mudah berkeringat, dan lembap, yang menjadi tempat favorit bakteri.

Jika jarang mandi, mengganti pakaian, atau bra, sel-sel kulit mati, keringat, dan sebum akan menumpuk dan memicu jerawat.

BACA JUGA:8 Manfaat Es Batu untuk Wajah, Dari Mencerahkan Hingga Mengatasi Jerawat

BACA JUGA:14 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat! Baiknya Dihindari

2. Perubahan Hormon

Peningkatan hormon androgen sering kali menyebabkan jerawat. Ini umum terjadi pada wanita menjelang menstruasi atau saat berpindah ke alat kontrasepsi hormonal yang baru.

Hormon androgen yang tinggi menyebabkan kelenjar sebum menghasilkan lebih banyak minyak, yang bisa menyumbat pori-pori.

3. Penggunaan Sabun Deterjen atau Parfum Tertentu

Mencuci pakaian dengan deterjen yang mengandung parfum atau pewarna tertentu bisa memicu jerawat, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif. Penyemprotan parfum pada kulit, terutama di area dada, juga bisa menyebabkan jerawat.

BACA JUGA:Selain Mengatasi Jerawat dan Mencegah Penuaan, Ini Manfaat Lain Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

BACA JUGA:Jerawat Hilang wajah Jadi Awet Muda! Rasakan 7 Manfaat dari Masker Kopi, Ini Cara Menggunakannya

4. Konsumsi Makanan dan Minuman Manis Berlebihan

Makanan dan minuman manis dapat meningkatkan kadar gula darah, yang memicu peningkatan produksi insulin. Insulin yang tinggi dapat merangsang produksi minyak berlebih di kulit, sehingga jerawat lebih mudah muncul, termasuk di area dada.

5. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat kulit dehidrasi, memicu produksi sebum berlebih yang menyebabkan penumpukan sel kulit mati dan kotoran, sehingga jerawat lebih mudah muncul.

Kategori :