Buka JUT, Desa Sumber Harapan Kaur Kembangkan Sektor Pertanian dan Wisata

Rabu 16-10-2024,07:07 WIB
Reporter : Andri Irawan
Editor : Andri Irawan

KAUR, RASELNEWS.COM - Berbagai program peningkatan pembangunan fisik dilaksanakan oleh Desa Sumber Harapan, Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu, melalui Dana Desa (DD) Tahun 2024 ini. Salah satunya dengan pembukaan jalan baru menuju perkebunan warga atau Jalan Usaha Tani (JUT).

Hal ini dilatar belakangi mayoritas penduduk di Desa Sumber Harapan ini adalah petani. JUT ini diharapkan dapat mempermudah jalur transportasi masyarakat ketika mengelola hasil pertania.

BACA JUGA:Pemkab Kaur Ajak Pelaku Usaha Daftarkan HKI

BACA JUGA:Festival Gurita di Kaur Meriah, Bupati Ucapkan Terima Kasih

Harapan lain sebagai desa yang saat ini sedang dibangun Rumah Sakit Pratama Kabupaten, JUT juga diharapkan, dapat mengembangkan pemukiman warga.

Kades Sumber Harapan, Eko Ade Saputra menerangkan pembukaan badan JUT ini sebagai salah satu sarana pendukung untuk para petani di desa dalam mengelola kebun warga.

Dengan adanya JUT ini dapat mempermudah akses para petani dalam mengelola hasil pertanian. Seperti, mengangkut hasil panen dan memudahkan akses masyarakat.

BACA JUGA:Putra Asli Bengkulu Selatan Yandri Susanto Dipanggil Prabowo ke Kartanegara, Calon Menteri?

BACA JUGA:Jelang Penutupan Pendaftaran PPPK 2024! Honorer Terkendala Meterai! BKN Bicara Sanksi Berat!

"Panjang jalan usaha tani ini 1,3 km dan lebar 3 meter. Ini bukan hanya sebagai JUT namun juga menuju objek wisata bukit kayangan yang memiliki keindahan alam," ujar kades.

Ia menyebut wisata bukit kayangan yang memiliki keindahan alam yang memukau. Dengan dibukanya akses itu maka pengunjung dapat dengan mudah menuju lokasi.

Kedepannya tidak menutup kemungkinan jalan tersebut akan ditingkatkan sehingga wisata tersembunyi di desa ini dapat dikunjungi dengan baik oleh masyarakat luar. "Pemandangan alamnya sangat memukau kami optimis nantinya wisata ini akan berkembang," terang kades.

BACA JUGA:Kades di Kabupaten Kaur Ditetapkan Tersangka Korupsi, Modusnya Luar Biasa

BACA JUGA:Wakil Rakyat Kaur 2024-2029 Dilantik, Unsur PImpinan DPRD Harap Lanjutkan Program

Buka cuma JUT, berbagai program lain dengan sasaran masyarakat juga dilakukan Pemdes Sumber Haapan.

Mulai dari memberikan bantuan uang tunai berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) hingga kegiatan lain yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Desa Sumber Harapan meski bukan berada dijalan lintas negara, namun dengan potensi yang ada semakin tahun terus berkembang.

Terlebih dipimpin sang kades yang terkenal mudah bergaul dan memiliki jaringan luas.

BACA JUGA:Suami Istri Harus Tahu 5 Penyebab Keretakan dalam Rumah Tangga, Hindari Sekarang Juga

Kategori :