Bupati Tinjau Irigasi Dihantam Banjir

Bupati Tinjau Irigasi Dihantam Banjir

SEGINIM - Bupati BS, Gusnan Mulyadi bersama Wakil Bupati, H. Rifai Tajuddin meninjau langsung lokasi perbaikan irigasi yang sempat dihantam banjir bandang sungai Air Nipis, pada Selasa (30/3) sore. Dalam kesempatan tersebut, Bupati dan Wabup mengimbau agar masyarakat BS, terkhusus daerah yang rawan banjir dan longsor, untuk tetap waspada.

Sebba, kemungkinan akan ada banjir susulan mengingat kondisi cuaca yang esktrem disertai hujan yang masih berpotensi mengguyur wilayah BS. "Kenali tanda-tanda bila akan terjadi longsor seperti retakan tanah, keluarnya mata air pada lereng, air sungai tiba-tiba keruh, begitupun dengan pohon dan tiang listrik miring, tembok bangunan dan pondasi tiba-tiba retak dan lainnya. Karena, saat hujan deras waspada bisa mengakibatkan bencana. Jika perlu mengungsi sesaat ke tempat yang lebih aman," pesan Gusnan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati dan Wabup hanya meninjau kondisi bangunan irigasi yang rusak lantaran diterjang banjir, meskipun tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Apalagi saat ini masih berlangsung proses perbaikan saluran irigasi yang dilakukan pihak Balai Wilayah Sungai untuk perbaikan saluran irigasi Bendungan Air Nipis.

“Sekarang masih berlangsung proses perbaikan, saluran irigasi yang dilakukan pihak balai,” terang Gusnan. Ditambahkan Wabup, dirinya mengimbau warga untuk selalu waspada terhadap banjir dan longsor, sebab saat ini cuaca tak menentu. Hal ini dapat mengundang bencana, terlebih telah terjadi luapan sungai Air Nipis yang mengakibatkan rusaknya pekerjaan perbaikan irigasi di Seginim. (one)

Sumber: