Jelang Lebaran, Waspada Parcel Kedaluarsa

Jelang Lebaran, Waspada Parcel Kedaluarsa

BINTUHAN - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tradisi pemberian parcel masih dilakukan masyarakat saat ini sebagai bentuk ucapan. Meski menjadi tradisi ini masyarakat juga harus tetap cermat ketika ingin membeli parcel. Sebab  banyak pedagang parcel nakal yang mencari keuntungan dengan memasukkan makanan dan minuman yang hampir atau sudah kadaluarsa ke dalam parcel.

“Disini kita menghimbau kepada warga untuk memperhatikan ini. Jangan membeli parcel yang ada makanan atau minuman yang sudah kedaluarsa,” kata Kepala Diskop UKM Perindag Kaur, Agusman Efendi, SE, M.Si,Kamis (6/5).

Dikatakan, penjual parcel musiman mulai marak dan diprediksi akan semakin banyak menjelang Idul Fitri nanti. Lebih lanjut diakuinya dibutuhkan ketelitian warga saat membeli parcel karena makanan dan minuman kemasan yang ada di dalamnya biasanya sudah dibungkus plastik. Ia juga berharap dari sisi pelaku usaha juga harus ada tanggung jawab moral.

Artinya, pelaku bisnis tersebut wajib mematuhi segala aturan yang telah ditetapkan, tidak hanya berorientasi pada keuntungan. “Untuk penjual atau pedagang telah mengetahui mana yang layak dan tidak untuk diperjual belikan, jadi itu wajib dipatuhi dan dijalankan secara konsisten,” terangnya.

Ditambahkanya, pihaknya dalam beberapa waktu dekat ini akan menggelar razia parcel secara serentak ke semua supermarket dan toko parcel yang ada di Kabupaten Kaur jelang Lebaran. Razia dilakukan untuk mencegah peredaran makanan kedaluarsa dalam kemasan parcel. “Kami akan mengerahkan tim gabungan di beberapa titik. Hal ini dilakukan untuk mencegah beredarnya makanan atau minuman kadaluarsa jelang lebaran ini,” tutupnya.(jul)

Sumber: