Hari Ini ANBK SMK Dimulai

Hari Ini ANBK SMK Dimulai

KOTA MANNA – Mulai hari ini (Senin,20/9) hingga Kamis (23/9) mendatang. Satuan pendidikan jenjang SMK di BS akan melaksanakan kegiatan Asessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara serentak. Kegiatan tersebut berlangsung secara terbatas dan dengan metode dalam jaringan. Adapun jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 40 orang yang merupakan siswa kelas XI.

“Secara khusus, ada dua jadwal yang ditetapkan untuk pelaksanaan ANBK SMK. Untuk SMK umum pelaksanaan ANBK hingga tanggal 22 September. Sementara untuk SMK CoE (Center of Excellence) pelaksanaannya hingga tanggal 23 September,” ujar Kasi Pembinaan SMK Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Wilayah III Manna, Novon Defrianto, S.Pd.

Diteruskan Novon, untuk pelaksanaan ANBK SMK CoE sengaja lebih panjang jadwalnya, sebab ada banyak materi yang disampaikan. CoE sendiri sama halnya dengan konsep sekolah penggerak atau sekolah unggulan pada SMA. “Di BS baru ada satu SMK CoE, yakni SMKN 1 BS. Sementara SMK lainnya, pelaksanaan ANBK hingga tanggal 22 September saja,” sambungnya.

Untuk memastikan pelaksanaan ANBK tersebut berjalan lancar, Novon mengaku telah menyampaikan surat pemberitahuan kepada masing-masing SMK untuk menyiapkan sumber daya cadangan. Seperti fasilitas genset dan cadangan tambahan jaringan WiFi. “Besok (hari ini) akan kami pantau kembali. Mudah-mudahan prosesnya berjalan lancar,” jelasnya.

Sementara untuk pelaksanaan ANBK jenjang SMK, Novon mengaku akan digelar pada tanggal 27-30 September. Prosesnya tetap secara daring dan mengedepankan prokes pencegahan covid-19 yang ketat. “Secara teknis nanti tim pengawas SMA yang akan memonitor kegiatan ANBK di SMA,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: