Kelola Curug Nerayan, Berharap Bangkitkan Ekonomi Warga

Kelola Curug Nerayan, Berharap Bangkitkan Ekonomi Warga

PINO RAYA - Tahun 2022 mendatang, Pemerintah Desa (Pemdes) Talang Padang Kecamatan Pino Raya menargetkan pembangunan curug nerayan sebagai objek wisata unggulan desa setempat. Curug dengan tinggi 30 meter dan terletak tidak jauh dari pemukiman penduduk tersebut, rencananya akan dikelola dengan konsep ekowisata.

Bahkan, di sekitar objek wisata itu nantinya bakal dibangun lokasi santai dan tempat jajanan kuliner daerah sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kebangkitan perekonomian warga. “Survei lokasi telah kami lakukan, kondisi curug nerayan betul-betul berpotensi menjadi objek wisata unggulan. Curug tersebut lokasinya mudah dijangkau dan akses jalannya juga baik. Potensi ini akan kami kelola secara maksimal dan menjadi wadah usaha baru masyarakat,” ujar Kades Talang Padang, Sumantri.

Diteruskannya, sejauh ini curug nerayan belum sama sekali dikelola. Namun, para pengunjung dari wilayah luar sudah banyak datang ke lokasi. Entah untuk berswafoto ataupun menikmati kesegaran air terjun tersebut. “Yang berkunjung ke sini sudah banyak, baik kalangan anak muda desa tetangga bahkan wisatawan luar daerah,” sambung Sumantri.

Selain menganggarkan Dana Desa (DD), Sumantri mengaku dalam pengelolaan objek wisata juga akan melakukan kerjasama dengan pihak lain. Dirinya membuka peluang besar bagi para investor yang mau menanamkan modalnya untuk pengembangan objek wisata tersebut.

“Yang ingin investasi kami terima, dengan harapan ada kemajuan di sektor wisata. Harapannya, rencana ini dapat terwujud,” jelasnya.

Termasuk untuk menggandeng para pegiat objek wisata dan pemuda karang taruna juga akan diupayakan maksimal. Sehingga, konsep wisata yang dibuat tidak hanya fokus pada datu target saja. Akan tetapi, lebih kepada human interesting atau kebutuhan sosial. “Agar rencana ini matang, nanti kami musyawarahkan dulu di tingkat desa dan masyarakat,” pungkas Sumantri. (rzn)

Sumber: