Dua Poklahsar BS Terima Bantuan Chest Freezer

Dua Poklahsar BS Terima Bantuan Chest Freezer

KOTA MANNA - Dinas Perikanan Bengkulu Selatan (BS) menyerahkan bantuan dua unit mesin pendingin atau Chest Freezer kepada dua kelompok pengolah dan pemasaran (Poklahsar) BS, yakni Kelompok Pemasaran Ikan Pino Raya (KPIP) dan Poklahsar Usaha Maju, Senin (20/9).

Bantuan itu berasal dari Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan pada Direktorat Pengolahan dan Bina Mutu. “Dua poklahsar tersebut beroperasi di Desa Pasar Pino Kecamatan Pino Raya dan Pasar Bawah,” kata Kepala Dinas Perikanan BS Novianto didampingi Kabid Pemberdayaan Pelaku Usaha Perikanan dan Pengelolaan, Pedi Maryanto, M.Si.

Dikatakan Novianto, bantuan tersebut diharapkan dimanfaatkan dengan maksimal dan sebaik-baiknya untuk membantu kesejahteraan bersama kelompok. “Tolong digunakan sebaik-baiknya, dijaga dan jangan sampai satu bulan sudah rusak, apalagi dijual, jangan. Bantuan ini untuk kelompok, untuk kemajuan bersama,” ungkap Novianto.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Pelaku Usaha Perikanan dan Pengelolaan, Pedi Maryanto mengatakan, Chest Freezer ini salah satu alat penunjang yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan hasil tangkapan nelayan guna menjaga kualitas hasil tangkapan. Apalagi di lihat dari fungsi dan kegunaannya, frezeer mempunyai peranan penting untuk menjaga kualitas hasil tangkapan nelayan sebelum akhirnya didistribusikan ke pasar atau ke konsumen.

Belum lagi peranan Chest Freezer, juga dapat menjaga harga jual tangkapan nelayan tidak mengalami penurunan di saat hasil tangkapan sedang menurun. "Harapannya dimanfaatkan sebaik-baiknya, sebab ini freezer ini bisa menjaga kualitas hasil tangkapan sebelum dijual, dan harganya masih akan stabil karena ikan dan tangkapan lain masih akan segar," terangnya.

Bantuan Chest Freezer yang diberikan memiliki kapasitas penyimpanan 300 liter. Tahun ini pihaknya sudah mengajukan sejumlah kelompok. Namun, karena kondisi refocusing anggaran kementrian sehingga yang disetujui baru dua kelompok. “Mudah-mudahan tahun depan dapat lagi, kelompok yang belum dapat mohon bersabar,” pungkasnya. (yip)

Sumber: