Tips Jitu Hindarkan Anak Kecanduan Gadget

Tips Jitu Hindarkan Anak Kecanduan Gadget

KOTA MANNA - Kemajuan teknologi saat ini sangat berpengaruh bagi seluruh aktiftas sosial masyarakat. Contohnya dalam hal komunikasi, sejak munculnya perangkat andorid atau dikenal dengan gadget. Komunikasi masyarakat lebih mudah, bahkan warga bisa melakukan video call dan voice call secara cepat dan nyaman. Akan tetapi, kemunculan peragkat gadget sering kali mengakibatkan kecanduan bagi si pemakai. Terutama untuk kalangan anak-anak yang gemar main game online.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) BS, Santono, M.Pd mengatakan bahwa, kecanduan gadget pada anak dapat menyebabkan berbagai dampak negatif. Salah satunya kurang berkembangnya masa otot anak, padahal masa otot sangatlah vital bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Jika ini terjadi, maka kedepan akan berpengaruh bagi masa depan anak bersangkutan.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini memang sudah banyak anak dan siswa yang kecanduan gadget. Baik hanya untuk sekedar main game online ataupun untuk mengakses internet. Namun hal tersebut sangatlah tidak baik jika memberikan efek ketergantungan. Sebaiknya dalam usia produktif tersebut, anak harus banyak melakukan aktivitas fisik,” ungkapnya.

Namun demikian, ada beberapa tips menarik yang perlu diterapkan orang tua agar anaknya terhindar dari kecanduan gagdet. Diantaranya mengajarkan pola hidup sehat dan aktifitas luar ruangan yang rutin. Misalnya mengajak anak berolahraga bersama hingga timbul sebuah rutinitas.

“Dalam mengatasi kecanduan gagdet pada anak tidak bisa dilalukan secara spontanitas. Harus dengan kesabaran dan teknik pendekatan yang baik. Orang tua harus paham pola anak, dan dapat menemani waktu luang si anak,” sambung Santono.

Metode kedua yang dapat dilakukan orang tua untuk menghindari kecanduan gadget bagi anak yakni memberitahu dampak buruk atas kegiatan tersebut. Orang tua dapat mengajarkan anak betapa pentingnya menjaga masa depan.

“Jika sudah menerapkan langkah pertama, orang tua sampaikan saja langsung dampak buruk kecanduan gadget. Dengan penyampaian yang baik, mudah-mudahan anak akan mengurangi kegiatan bermain gadget,” kata Santono.

Tips yang terakhir bisa diterapkan orang tua agar anak tidak kecanduan gadget yakni memberikan reward saat anak tersebut bisa melepas gadgetnya. Misalnya dengan menghadiakan buku menarik, peralatan olahraga yang bagus dan hadiah bermanfaat lainnya. Dengan demikian, anak merasa lebih diperhatikan oleh orang tuanya.

“Biasanya yang rentan kecanduan gadget adalah anak di umur remaja atau usia sekolah. Selepas dari itu, cara berpikr anak lebih luas dan dapat menghindari kegiatan tersebut. Bermain gadget boleh, tapi seperlunya saja,” pungkas Santono. (rzn)

Sumber: