Bersiap, Penilaian Akhir Semester Digelar 27 September

Bersiap, Penilaian Akhir Semester Digelar 27 September

KOTA MANNA – Terhitung tanggal 27 September hingga 2 Oktober mendatang, satuan pendidikan jenjang SD dan SMP di BS mulai menggelar Penilaian Akhir Semester (PAS) tahap pertama tahun ajaran 2021/2022. Pelaksanaan PAS yang bertujuan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran siswa selama satu triwulan tersebut akan dilakukan secara sesi dan terbatas. Hal itu guna mengantisipasi potensi penularan klaster baru covid-19.

“Pelaksanaan PAS jenjang Dikdas (SD/SMP) dilaksanakan serentak. Kami minta sekolah untuk bersiap, terutama dalam pembuatan materi soal. Nantinya PAS ini tetap digelar secara sesi,” ujar Kasi Kurikulum Bidang Dikdas Dinas Dikbud BS, Sarjono, S.Pd.

Diteruskan Sarjono, dalam kegiatan PAS tersebut. Semua materi pendidikan akan diujikan layaknya ujian akhir semester. Bahkan, hasil dari kegiatan PAS tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk raport sementara.

“Tetap ada urutan ranking siswa. Mulai dari nilai tertinggi hingga nilai terendah. Nilai yang didapat siswa akan menjadi indikator penilaian di triwulan akan datang,” papar Sarjono.

Kepada siswa Sarjono juga mengimbau untuk terus aktif belajar. Siswa dilarang keluyuran dan melakukan aktifitas yang tidak bermanfaat. Terlebih di situasi pandemi virus corona sekarang ini.

“Ada waktu sekitar tujuh hari lagi, siswa manfaatkanlah kesempatan ini untuk belajar maksimal. Jangan anggap kegiatan PAS hanya formalitas saja. Jika nanti nilainya kecil hingga ujian semester. Siswa bersangkutan bisa jadi tidak naik kelas,” tegas Sarjono. (rzn)

Sumber: