Dukung Kemampuan IPTEK, Maksimalkan Pendidikan TIK

Dukung Kemampuan IPTEK, Maksimalkan Pendidikan TIK

KOTA MANNA – Kemampuan dalam memahami Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Komunikasi sangat diperlukan bagi peserta didik saat ini. Sebab, pemahaman tersebut akan mendukung generasi muda untuk lebih beradaptasi dengan kemajuan zaman. Untuk itu, sekolah diminta lebih memaksimalkan pendidikan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi). Disamping mematangkan materi berbasis teknologi, sekolah juga wajib mengembangkan wawasan siswa terkait praktek dan realisasi di lapangan.

“Pola pendidikan TIK di sekolah harus dimaksimalkan. Karena, kemampuan akan pemahaman teknologi adalah kebutuah utama untuk dapat bersaing dalam globalisasi saat ini. Jika pendidikan TIK ketinggalan, maka SDM kedepan tidak akan kompetitif,” ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Manna, Diazdado Putrajaya, SE, M.Si.

Diteruskan Diaz, pendidikan TIK di sekolah harus lebih kompleks. Sekarang ini di level nasional pendidikan TIK lebih mengarah pada aplikasi program, dan tidak lagi terpaku pada pembelajaran dasar-dasar ilmu komputerisasi. Bahkan, beberapa sekolah unggulan sudah berhasil melahirkan berbagai aplikasi modern.

“Ini bisa diterapkan di sekolah daerah, asalkan pola pendidikan dan tenaga pengajar juga lebih optimal. Apalagi sekarang ini fasilitas komputer sudah tersedia merata di sekolah. Kami minta perangkat tersebut untuk dimaksimalkan penggunaannya,” kata Diazdado.

Senada dikatakan Kepala Dinas Dikbud BS, Rispin Junaidi, M.Pd, bahwa di level pendidikan dasar (SD/SMP), sekolah harus lebih maksimal mengajarkan pemahaman TIK bagi siswa. Dengan diajarkan secara dini, kedepan kapasitas siswa akan lebih terbentuk. Dengan kata lain, setelah lulus SMP para siswa tidak lagi gagap teknologi (gaptek).

“Pemaksimalan pendidikan TIK dapat dikemas melalui intrumen pembelajaran, lalu dibuat dengan metode yang berkesinambungan. Lebih banyak dilakukan praktek juga efektif mendukung keahlian siswa,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: