BS Kembali Level 3, Percepat Capaian Vaksin

BS Kembali Level 3, Percepat Capaian Vaksin

KOTA MANNA - Bengkulu Selatan (BS) kembali ditetapkan berada pada status PPKM level 3 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 44 tahun 2021 tentang Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 3, 2 dan 1. Bupati BS Gusnan Mulyadi mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat dan benar.

Selain itu, BS kembali ke level 3 lantaran progres capaian vaksinasi yang dinilai masih rendah dan belum sesuai target. Hal ini karena distribusi vaksin dari Dinkes Provinsi Bengkulu dan pemerintah pusat dinilai belum merata untuk warga BS.

“Penyebab kembali level 3 bukan karena bertambahnya kasus konfirmasi. Tetapi berdasarkan rendahnya angka vaksinasi dan stok vaksin untuk BS. Untuk itu, capaian vaksin diharapkan terus ditingkatkan agar kembali level 2 bahkan level 1,” tegas Bupati.

Dari 142 desa dan 16 kelurahan yang tersebar di 11 kecamatan, hanya satu desa yang dinyatakan zona kuning, selebihnya sudah menjadi zona hijau. Untuk menurunkan status PPKM tersebut, Bupati mengharapkan vaksinasi di BS semakin digencarkan. “Namun terpenting juga, masyarakat harus menerapkan prokes Covid-19. Terutama di acara keramaian,” tegas Gusnan.

Sementara itu Dinas Kesehatan (Dinkes) BS melalui jajaranya semakin gencar menggelar vaksinasi Covid-19. Bahkan, hingga saat ini warga BS yang divaksin terus bertambah, dan warga yang berminat untuk divaksin semakin banyak. "Warga BS yang divaksin sudah mencapai 27.845 jiwa," ujar Kepala Dinkes BS, Siswanto, S.Sos, M.Si. Dia mengaku jumlah tersebut sudah 21,53 persen dari target 129.298 orang yang divaksinasi.

Sebelumnya, capaian vaksinasi baru berkisar 19, 98 persen. Artinya, ada peningkatan hampir 2 persen. Ke depannya Susmanto mengaku petugas akan semakin gencar menggelar sosialisasi agar warga semakin ramai untuk divaksin. Cukup mendatangi Puskesmas maupun pusat klinik pelayanan yang ada.

Untuk mencapai target, pihaknya bekerja sama dengan Kodim 0408 BS-Kaur, Polres BS dan instansi swasta lainnya. Selain itu, 14 Puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan dalam wilayah BS juga setiap hari selalu melayani pemberian vaksinasi kepada warga. “Yang belum vaksin, segeralah vaksin. Sebab itu gratis dan terpenting, untuk melindungi diri dari virus Covid-19,” harap Siswanto.

// Baru 17,16 Persen

Sementara itu, Dinkes Seluma masih mengejar target vaksinasi untuk masyarakat. Dari target 161.828 sasaran vaksinasi, baru 55.535 orang atau 17,16 persen yang sudah mendapat suntikan vaksin. Capaian vaksinasi ini masih sangat rendah.

Kasi Surveylance dan Imunisasi Dinkes Seluma, Irwan Ramdani, SKM, M.Ap, mengaku stok vaksin masih mencukupi untuk mengejar target vaksinasi. Dia mengatakan 1.948 dosis vaksin covid-19 masih tersedia. “Capaian vaksinasi untuk dosis pertama 36.739 suntikan. Kemudian dosis kedua sebanyak 18.341. Serta dosis ketiga atau vaksin moderna sebanyak 445 dosis,” terang Irwan.

Untuk dosis pertama dan kedua, menggunakan vaksin sinovac yang menyasar para nakes, pejabat publik, ASN, TNI, Polri dan masyarakat umum. Sedangkan dosis ketiga, adalah vaksin moderna sebanyak 445 dosis yang sudah disuntikkan untuk nakes di wilayah Seluma.

Irwan mengatakan bagi masyarakat di Kabupaten Seluma yang belum melakukan suntikan kedua. Bisa mendatangi Dinkes atau fasilitas kesehatan lainnya. "Masih banyak warga yang hanya dosis pertama, padahal seharusnya sampai dosis kedua. Baru 50 persen warga yang sudah mendapatkan dosis kedua," tuntasnya. (one/rwf)

Sumber: