Penempatan Guru Harus Merata

Penempatan Guru Harus Merata

KOTA MANNA - Ketua DPRD Bengkulu Selatan (BS), Barli Halim, SE meminta penempatan guru di Kabupaten BS merata. Sebab masih ada sekolah yang kekurangan guru, disisi lain ada sekolah yang kelebihan guru. “Sangat perlu pemerataan guru. Karena itu menjadi salah satu kunci memajukan sektor pendidikan,” kata Barli.

Sekolah yang sering kekurangan guru biasanya sekolah yang berada di pinggiran atau letaknya jauh dari wilayah kota. Kondisi tersebut menyebabkan aktivitas belajar mengajar tidak maksimal. Hal itu tentu saja berpengaruh dengan ilmu yang diterima siswa.

Sementara sekolah yang berada di dalam kota atau lokasinya mudah dijangkau terjadi penumpukan guru, bahkan guru harus mengajar lebih satu sekolah untuk mencukupi kuota jam mengajar. “Kalau guru kurang, jelas saja proses belajar tidak akan efektif. Akibatnya siswa menjadi rugi, ilmu yang didapat tidak maksimal,” ujar Barli.

Dalam menempatkan guru, sebaiknya didata secara betul kebutuhan dan jumlah guru. Jika data tersebut valid, ia yakin tidak akan ada sekolah kekurangan guru. Karena saat ini jumlah guru di BS sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sekolah.

“Guru yang ditugaskan di sekolah pinggiran juga jangan tidak mau pindah. Karena selama ini banyak guru pas dimutasi jauh malah melobi-lobi untuk pindah lagi ke sekolah dekat. Jalankan saja dulu itu, karena bagian pengabdian, apalagi guru yang masih berusia muda,” imbuhnya. (yoh)

Sumber: