Sambut Digitalisasi Pendidikan, Maksimalkan Pembelajaran TIK

Sambut Digitalisasi Pendidikan, Maksimalkan Pembelajaran TIK

KOTA MANNA - Seiring dengan pesatnya kemajuan zaman, lingkup pendidikan mulai berangsur untuk menerapkan sistem pembelajaran berbasis digital atau online. Baik untuk kegiatan belajar tatap muka, pengumpulan tugas ataupun pengisian kuesioner sebagai survei peningkatan kualitas pendidikan.

Namun demikian, untuk menyambut secara penuh program digitalisasi pendidikan tersebut. Sekolah harus lebih fokus dalam memaksimalkan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi siswa. Hal ini guna menyiapkan skill beserta kapasitas siswa dalam menjalankan program komputer yang berbasis online.

“Secara umum masing-masing sekolah sudah mulai merespon dan menggunakan aplikasi digital dalam proses pendidikan. Tapi, realisasinya belum terlalu maksimal. Sebab, masih ada beberapa hambatan yang terjadi di lapangan. Salah satunya, belum kuatnya pendidikan TIK siswa,” ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Manna, Diazdado Putrajaya, SE, M.Si.

Dijelaskan Diaz, selama ini proses pembelajaran TIK di sekolah baru sebatas pengenalan aplikasi dan komponen umum dalam komputer. Belum mengarah kepada pemanfaatan aplikasi secara mendalam, termasuk penggunaannya secara penuh dalam aktifitas belajar siswa.

“Untuk itu, pembelajaran TIK di sekolah perlu dimaksimalkan. Jika selama ini siswa lebih banyak mempelajari tentang program office. Mungkin bisa diarahkan untuk lebih memahami aplikasi terbaru lainnya,” kata Diazdado.

Namun demikian, dalam mendukung proses pembelajaran TIK di sekolah. Tidak cukup hanya sebatas susunan teknik dan metode pendidikan saja. Diazdado menyebut, peran tenaga pendidik juga harus kuat untuk memberikan arahan kepada siswa. Guru harus lebih mengusai IPTEK dan paham aplikasi digital.

“Apalagi di masa pandemi sekarang ini, kebutuhan akan aplikasi digital dan metode pembelajaran online sangat diperlukan. Sehingga, interaksi tatap muka dan potensi kerumunan juga dapat dikendalikan,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: