Usulkan Ratusan Bantuan untuk Nelayan

Usulkan Ratusan Bantuan untuk Nelayan

BINTUHAN - Ditengah pademi Covid-19 yang masih melanda negeri ini, Dinas Perikanan Kaur terus berupaya dapat memberikan dampak postif kepada nelayan. Serta kepada kelompok pengelola hasil perikanan di Kabupaten Kaur.

Seperti tahun ini pihaknya kembali melayangkan usulan ke Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk dapat membantu nelayan yamg ada di Kabupaten Kaur.

"Banyak usulan yang kita ajukan mulai dari alat tangkap berupa jaring Rawai dan yang lain termasuk juga perahu dan mesin tempel, mungkin usulan kita sudah ratusan yang masuk ke KKP," ujar Plt Kepala Dinas Perikanan Kaur, Lianto, SP diruang kerjanya kemarin (4/10)

Menurutnya bantuan ini memang setiap tahun sering dijukan oleh pihaknya. Hal ini mengingat di Kaur nelayan masih sangat banyak kebutuhan alat tangkap. Dia mengakui untuk usulan kapal kapasitas besar memang belum ada yang diusulkan ke KKP.

Hal ini mengingat mayoritas nelayan kaur memggunakan perahu fiber glass dan untuk menangkap ikan. Selain mengusulkan alat tangkap pihaknya juga sempat mengusulkan frezeer untuk mengawetkan ikan. "Belum lama ini ada tiga unit frezeer yang kita berikan kepada nelayan, itu bantuan dari KKP," ujarnya.

Dikatakannya, chest freezer untuk pengembangan usaha nelayan. Chest freezer adalah salah satu alat penunjang yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan hasil tangkapan nelayan guna menjaga kwalitas hasil tangkapan. Pasalnya sat ini banyak hasil tangkapan nelayan yang kualitasnya menurun lantaran belum banyaknya perlatan penyimpanan ditambah dengan tidak adanya es balok di Kabupaten Kaur.

"Ini kembali kita usulkan lagi, mudah mudahan nangi akan ada lagi dari KKP termasuk juga bantuan bantuan lainnya," tutupnya. (jul)

Sumber: