Kebakaran, Jangan Panik, Ini yang Pertama Dilakukan

Kebakaran, Jangan Panik, Ini yang Pertama Dilakukan

PINO RAYA – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Dinas Satpol-PP dan Damkar Bengkulu Selatan (BS) menunjukkan cara penanganan dan penanggulangan bencana kebakaran menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) dan secara manual, dalam sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran di Kantor Desa Tanggo Raso KEcamatan Pino Raya, Senin (4/10) lalu.

Kegiatan tersebut bertujuan guna mengedukasi masyarakat terkait bagaimana teknik dan penanggulangan bencana kebakaran yang tepat. Dalam sosialisasi tersebut, tim Damkar BS menerjunkan satu armada damkar beserta APAR dan bahan bakar.

“Kegiatan sosialisasi penanganan kebakaran untuk meningkatkan pemahaman masyarakat secara luas ketika ada bencana kebakaran. Selama ini, masyarakat hanya mengandalkan teknik pemadaman secara manual saja,” ujar Kepala Dinas Satpol-PP dan Damkar BS, Erwin Muchsin, S.Sos.

Diteruskan Erwin, pentingnya sosialisasi penanggulangan bencana kebakaran juga untuk memperkecil dampak kebakaran. Sebab, setiap kali kebakaran yang terjadi di wilayah BS, rerata bangunan dan perabot rumah tangga sudah ludes dilalap api sebelum petugas Damkar tiba di lokasi.

“Warga diajarkan cara menyemprotkan cairan APAR ke target. Selain itu, warga diajarkan cara cara memadamkan api mengenakan kain basah untuk ditutupkan langsung ke bagian yang terbakar,” kata Erwin. Selain itu, pihaknya juga mengajarkan teknik penyelamatan diri dan barang penting saat terjadi kebakaran, sebelum api betul-betul menghanguskan semua bangunan.

Barang penting yang dimaksud mulai dari ijazah, dokumen, sertifikat, uang tunai dan lainnya. “Kalau ada kebakaran, pertama kali langsung matikan meteran listik dan keluarkan barang penting seraya menghubungi petugas damkar. Warga silahkan gunakan teknis pemadaman yang telah diajarkan,” pungkas Erwin. (rzn)

Sumber: