Susah Sinyal, Boleh Gelar ANBK Di Sekolah Lain

Susah Sinyal, Boleh Gelar ANBK Di Sekolah Lain

KOTA MANNA - Bagi lembaga sekolah yang berada di wilayah blank spot atau susah sinyal internet. Diperbolehkan untuk menggelar kegiatan Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di sekolah lain. Terpenting jarak sekolah yang dituju tidak terlalu jauh dari sekolah asal, supaya para siswa tidak kesulitan menjangkau lokasi tersebut.

“Ada beberapa sekolah yang masih blank spot sinyal internet. Untuk itu, kami sarankan agar pelaksanaan ANBKnya bergabung dengan sekolah lain. Sebab, pelaksanaan ANBK metodenya full daring atau online,” ujar Kasi Kurikulum Bidang Dikdas Dinas Dikbud BS, Sarjono, S.Pd.

Diteruskannya, beberapa sekolah yang masih blank spot jaringan internet diantaranya berada di wilayah Kecamatan Ulu Manna dan beberapa sekolah di Kecamatan Pino Raya. Kejadian susah jaringan internet itu dikarenakan minimnya jangkauan tower BTS (Base Transceiver Station). “Wilayah blank spot itu diantaranya sudah kami usulkan untuk penguatan jaringan. Namun, realisasinya masih menunggu dari pihak provider jaringan internet,” kata Sarjono.

Untuk pelaksanaan ANBK di lapangan, dia mengaku terhitung hari Senin (4/10) lalu. Pelaksanaan ANBK di beberapa sekolah sudah berjalan lancar. Pelaksanaan tersebut digelar secara sesi dan terbatas.

“Untuk periode tanggal 4-8 Oktober, ini khusus lembaga SMP. Sementara untuk jenjang SD jadwalnya menyusul. Setiap SMP juga tidak serentak melaksanakan ANBK tersebut, ada pembagian jadwalnya masing-masing,” papar Sarjono.

Di sisi lain, pihanya juga telah memerintahkan masing-masing Kepala Sekolah untuk menambah daya listrik cadangan untuk mengantisipasi mati lampu. Hal ini agar tidak ada gangguan pada server dan link ANBK. “Mudah-mudahan prosesnya berjalan lancar, dan tetap akan kami pantau hingga ANBK selesai,” pungkas Sarjono. (rzn)

Sumber: