Berkas Lengkap, Sertifikasi Siap Dicairkan

Berkas Lengkap, Sertifikasi Siap Dicairkan

KOTA MANNA - Hingga Selasa (5/10), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) BS telah menerima sebanyak 1200 berkas guru penerima tunjangan profesi triwulan III atau dikenal dengan tunjangan sertifikasi. Nantinya berkas tersebut akan diteruskan ke Kemendikbudristek RI sebagai syarat utama untuk mencairkan dana sertifikasi yang bersumber dari pusat tersebut.

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan rekonsilidasi ke pusat untuk mencairkan dana tunjangan tersebut. Jika tidak ada halangan, kemungkinan pertengahan bulan Oktober ini dana tersebut sudah masuk ke Kas Daerah,” ujar Kasi Pendataan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dikdas Bidang PTK Dinas Dikbud BS, Asriaty Devi, S.Pd kepada Rasel Selasa (5/10).

Diteruskan Devi, tunjangan sertifikasi yang akan dibayarkan untuk ribuan guru tersebut terhitung sejak bulan Juli, Agustus dan September. Adapun total anggaran yang bakal disalurkan mencapai Rp 15 miliar.

“Validasi berkas juga sedang berjalan. Kemungkinan tidak ada guru yang tertunda pencairan sertifikasi tersebut. Untuk yang memasuki masa pensiun, tunjangan sertifikasinya sudah dihentikan,” katanya.

Sementara untuk pencairan tunjangan Tambahan Penghasilan (Tamsil), Devi mengaku belum mengetahui secara pasti. Sebab, belum ada petunjuk dari pusat terkait pencairan dana non sertifikasi tersebut.

“Biasanya Tamsil dicairkan setelah tunjangan sertifikasi selesai ditransfer. Tapi kami lihat dulu prosesnya nanti. Kalau memang pencairannya bisa serentak denga sertifikasi, maka akan kami teruskan ke penerima,” papar Devi.

Untuk itu, dirinya berharap kepada masing-masing guru penerima tunjangan sertifikasi maupun non sertifikasi untuk memaksimalkan jam mengajar. Jangan sampai, kekurangan jam mengajar menjadi kendala dalam pencairan dana tersebut. “Untuk yang pindah ke penerima TPP, juga menunggu arahan dari pusat. Jumlahnya juga bisa mengalami perubahan,” pungkas Devi. (rzn)

Sumber: