Penyaluran Bantuan BAZNAS Tertunda

Penyaluran Bantuan BAZNAS Tertunda

KOTA MANNA – Hingga saat ini penyaluran program bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Bengkulu Selatan (BS) belum juga disalurkan meskipun menjelang akhir tahun 2021. Padahal bantuan tersebut berdampak positif bagi penerima bantuan tersebut.

Berbagai program bantuan telah diberikan pihak BAZNAS BS diantaranya berupa peralatan pertanian, bantuan peralatan usaha dan lain-lainnya. Keterambatan penyaluran bantuan ini lantaran masa kepengurusan BAZNAS BS telah berakhir dan untuk pengurusan yang baru belum terbentuk karena masih proses seleksi.

Asisten I Setkab BS, Yunizar Hasan SH membenarkan bahwa masa kerja pengurus BAZNAS BS terhitung SK yang dikantong mereka sudah habis (berakhir) dan saat ini sedang dilaksanakan perekrutan calon pengurus BAZNAS yang baru oleh Pansel. Sementara proses rekrutmen sampai saat ini masih minim peserta, lantaran kouta belum terpenuhi. Minimal 10 orang pelamar baru akan dilaksanakan seleksi.

Agar tidak terjadi kekosongan kepengurusan, Pemkab BS telah mengajukan usulan perpanjangan jabatan pengurus lama untuk tiga bulan atas persetujuan BAZNAS pusat. “Untuk saat ini proses penyaluran bantuan masih tertunda lantaran pengurus BAZNAS sudah berakhir. Soal penyaluran program bantuan dapat direalisasikan akhir tahun nanti. Karena kalau menunggu proses pengurusan yang baru masih lama,” terang Yunizar Hasan yang juga Pansel calon pengurus BAZNAS BS.

Terpisah, pengurus BAZNAS BS melalui bendahara, Farida menuturkan, penyaluran bantuan oleh BAZNAS BS sampai saat ini masih menunggu intruksi pengurus atau pimpin. Untuk diketahui penyaluran bantuan BAZNAS BS tahap pertama di tahun 2021 telah dilakukan pada Agustus 2021 lalu. “Sampai saat ini belum ada intruksi untuk penyaluran bantuan, dan dana tersedia di kas sekitar Rp300 jutaan dari ZIS,” pungkasnya.(one)

Sumber: