Terbitkan Kamus Besar Bahasa Enggano dan Rejang

Terbitkan Kamus Besar Bahasa Enggano dan Rejang

BENGKULU - Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu tengah menggarap kamus besar bahasa Enggano, yang ditargetkan dapat rampung dalam tahun ini. Sebelumnya pada athun lalu, kantor Bahasa juga telah merampungkan kamus besar bahasa Rejang.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Yanti Riswara, mengatakan,pembuatan kamsu besar untuk dua bahasa itu dalam rangka menyelamatkan bahasa daerah itu agar sampai hilang. “Bahasa Rejang dan Enggano masuk dalam bahasa daerah ayng terancampunah,berdasarkan data dari kementrian pendidiakn dan kebudayaan. Upaya kita adalah enyelamatkannya,” kata Yanti.

Menurutnya, saat ini kamus bahasa Enggano tersebut masih dalam tahap pengerjaan. Diatrgetkan dalam tahun ini kamus bahasa Enggano rampung dikerjakan. “Dalam penerbitan, kita lakukan baik itu berbentuk cetak dan juga dalam jaringan (Daring). Sehingga bisa didownload lewat playstore,” kata Yanti.

Pihaknya berharap, dua bahasa yang merupakan bahasa asli masyarakat bengkulu ini tidak hilang akibat perkembangan zaman. Salah satunya adalah masyarakat tetap enggunakan bahasa daerah dalam kehidupan sehari – hari. Selain itu juag dibutuhkan adanyapembinaan bahasa daerah. “Dengan upaya itu maka bahasa daerah tetap terjaga kelestariannya,” ujar Yanti.

Seperti diketahui,terdapat tiga bahasa di Provinsi Bengkulu yakni Rejang,Enggano dan juga Melayu Bengkulu.(cia)

Sumber: