Dinkes Kejar Capaian Vaksin Covid-19

Dinkes Kejar Capaian Vaksin Covid-19

KOTA MANNA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Selatan (BS) saat ini masih terus berupaya meningkatkan realisasi capaian vaksinasi Covid-19. Karena sampai saat ini capaian vaksin Covid-19 masih tergolong rendah. Bahkan realisasi capaian penyuntikan dosis pertama baru 26,3 persen atau sebanyak 34.077 orang sasaran. Sedangkan penyuntikan dosis ke dua baru terealisasi 12,87 persen atau 16.646 orang sasaran.

Dengan kondisi ini, maka pihak Dinkes terus berupaya melakukan peningkatan capaian sesuai dengan yang ditargetkan. “Sampai saat ini realisasi vaksin capaiannya masih rendah. Karena itu kami selalu melakukan sosialisasi untuk mempercepat realisasi capaian dengan melakukan jemput bola dan jajaran Puskesmas terus proaktif mengajak warga untuk vaksin,” ujar Kepala Dinkes BS, Siswanto M.Si.

Ditambahkan Siswanto, khusus untuk tenaga kesehatan yang ada di BS juga dilakukan pemberian vaksin booster yakni penyuntikan dosis III setelah dosis pertama dan kedua vaksin Sinovac. Untuk, realisasi penyuntikan vaksin dosis III bagi tenaga kesehatan (nakes) sudah 54,7 persen atau 835 nakes di RSHD Manna, dan jajaran Dinkes BS, serta 14 Puskesmas yang ada di BS.

“Kalau untuk capaian vaksin nakes dosis III khusus menggunakan vaksin moderna, realisasinya sudah 54,7 persen. Ini akan terus diupayakan teralisasi seratus persen,” pungkas Siswanto. Menurut Siswanto, saat ini vaksin yang digunakan di BS baru empat jenis, yakni sinovac, astrazeneca, moderna dan sinopharm sebagai vaksin gotong royong.

“Untuk vaksin terus dilakukan di semua Puskesmas dan klinik kesehatan, warga yang belum vaksin diimbau segera mendatangi pelayanan cukup dengan membawa KTP dan KK, dipastikan vaksin aman dan halal,” pungkas Siswanto. (one)

Sumber: