25 Oktober, Launcing Kios Sekundang

25 Oktober, Launcing Kios Sekundang

KOTA MANNA - Setelah cukup lama tertunda, Kios Sekundang yang merupakan salah satu program unggulan Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi segera dilaunching. Dari jadwal yang direncanakan Dinas Perindagkop-UM, launching kios sekundang akan dilaksanakan pekan depan. “Rencananya tanggal 25 (Oktober) launching Kios Sekundang bertempat di pendopo Balai Sekundang. Mudah-mudahan tidak ada perubahan jadwal,” kata Kepala Dinas Perindagkop-UM, Herman Sunarya, MH.

Dikatakan Herman, peserta kios sekundang mencapai ratusan. Sebab kios sekundang terbagi dua kategori. Ada yang diberi modal pinjaman perbankan, ada juga yang mendapat bantuan alat digitalisasi warung. “Kios Sekundang ini terbagi dua kategori. Peserta yang mendapat modal dari perbankan ada 10 orang, sedangkan yang digitalisasi mencapai 100-an warung,” sambung Herman.

Dijelaskan Herman, program kios sekundang bukan hanya memberikan modal kepada masyarakat untuk membuat warung, namun juga membantu mengembangkan warung yang sudah ada. Pengembangan warung dilakukan dengan cara digitalisasi. “Peserta kios sekundang yang sudah ada warung diberikan peralatan untuk digitalisasi warung, nanti akan mereka akan dibina dan akan berkembang dengan sendirinya,” jelas Herman.

Ditambahkan Herman, tujuan utama program kios sekundang adalah memajukan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan mendongkrak perekonomian masyarakat. Hadirnya Pemda memberikan subsidi pinjaman modal untuk masyarakat membuka usaha, serta membantu peralatan pengembangan usaha menyesuaikan kemajuan teknologi diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat menjadi pelaku UMKM.

“Setelah launching nanti, peserta kios sekundang bisa terus bertambah sesuai keinginan atau permintaan masyarakat yang tertarik menjadi pelaku UMKM,” tutup Herman. (yoh)

Sumber: