TWA Wayhawang Dipantau Tim KLHK

TWA Wayhawang Dipantau Tim KLHK

KAUR - Keberadaan Taman Wisata Alam (TWA) Wayhawang Kecamatan Maje Kabupaten Kaur yang sebagian besar sudah dialihfungsikan, menjadi perhatian serius pemerintah. Sabtu (16/10), tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI memantau kondisi TWA guna penilaian untuk dapat mengabulkan permintaan agar TWA dapat dikelola masyarakat.

Ketua Tim Terpadu KLHK RI, Dr. Sofian Iskandar, didampingi tiga anggotanya, Cecep Afriza, SE, Heryanto, S.Hut dan Ari Gunawan S.Hut, mengatakan hasil pemantauan yang dilakukan tim selama beberapa hari, akan dilaporkan kepada KLHK. Selanjutnya akan diputuskan langkah yang akan diambil oleh pihak KLHK terkait nasib TWA Wayhawang.

“Nanti hasil kerja tim kami akan dilaporkan langsung. Selanjutnya akan diputuskan apakah TWA ini tetap sebagai fungsi awal atau akan dialihfungsikan," imbuhnya usai melakukan pengecekan ke lokasi.

Kades Muara Jaya, Suryadi, menjelaskan silsilah terbentuknya Desa Muara Jaya termasuk TWA yang dulu menjadi habitat kelelawar dan beberapa satwa lainnya. Kades mengaku kelelawar yang ada sudah tidak berada di kasawan TWA. Warga pun memanfaatkan lahan TWA sebagai kawasan perkebunan. "Perkebunan ini merupakan tulang punggung warga. Jadi sangat berharap TWA ini dapat dikembalikan,” tutur Kades. (jul)

Sumber: