Server Error, Simulasi ANBK Terganggu

Server Error, Simulasi ANBK Terganggu

KOTA MANNA - Kegiatan Simulasi Asessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) serentak jenjang SD/MI se Kabupaten BS kemarin mengalami gangguan. Pasalnya, server induk kegiatan tersebut mengalami trouble atau error. Akibat gangguan server tersebut, pelaksanaan simulasi ANBK sesi pertama mengalami hambatan. Sehingga, waktu simulasi diperpanjang agar semua siswa dapat mengikuti agenda tersebut.

Kasi kurikulum bidang Dikdas Dinas Dikbud BS, Sarjono, S.Pd membenarkan hal itu. Menurutnya, kejadian server error tidak hanya di wilayah Kabupaten BS. Namun terjadi di tingkat nasional atau se Indonesia.

“Betul memang ada trouble server induk di Kemendikbudristek RI. Mungkin karena pemakaian terlalu banyak dan serentak. Kejadian ini pada saat simulasi ANBK sesi pertama yang digelar mulai pukul 09.00 WIB,” ujarnya.

Diteruskan Sarjono, pihak sekolah sempat kalang kabut dan khawatir atas gangguan itu. Pasalnya, sekolah tidak mengetahui kalau gangguan server terjadi di tingkat nasional. Bahkan, ada sekolah yang langsung konfirmasi ke Dinas Dikbud BS menanyakan persoalan tersebut.

“Maklum pelaksanaan simulasi ANBK jenjang SD kan baru pertama kali digelar. Ketika ada gangguan teknis, mereka langsung khawatir dan takut simulasi tidak berjalan lancar. Tapi sudah kami berikan pengertian, kepada sekolah juga untuk tetap melanjutkan kegiatan itu,” kata dia.

Namun demikian, guna meminimalisir adanya gangguan server pada pelaksanaan ANBK pada 15 November nanti. Sarjono meminta agar masing-masing sekolah meningkatkan kapasitas jaringan internetnya. Baik dengan modem eksternal maupun dengan merefresh perangkat Wi-Fi yang ada di sekolah.

“Pusat telah berupaya mengembalikan kestrabilan server. Mudah-mudahan kedepan error ini tidak terjadi lagi. Pihak sekolah juga harus menyiapkan perangkat yang lebih optimal,” pungkas Sarjono. (rzn)

Sumber: