Dua Atlet KPOTI Ikut Potradnas Dilepas

Dua Atlet KPOTI Ikut Potradnas Dilepas

KOTA MANNA - Wakil Bupati (Wabup) Bengkulu Selatan (BS), H. Rifai Tajuddin S.Sos didampingi Kepala Dispora BS Santono MPd Senin (18/10), melepas keberangkatan dua atlet asal Bengkulu Selatan yang mewakili Provinsi Bengkulu untuk mengikuti Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (POTRADNAS) pada 21-24 Oktober di Bangka Belitung (Babel).

Dalam POTRADNAS, para atlet akan mempertandingkan permainan olahraga tradisional yakni, egrang, sumpitan, lari balok, ketapel, dan panahan tradisional. Untuk Provinsi Bengkulu diwakili atlet asal BS pada ajang bergengsi ini ada dua atlet Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Bengkulu Selatan. Mereka adalah Adelia Meiliani Zosti (siswi SMAN 2 BS) untuk cabang lari balok dan Sentia Dwi Kurnia (Alumni SMAN 2 BS) untuk cabang sumpitan.

"Pemkab BS selalu mensupport, mudah-mudahan dua wakil atlet asal BS bisa memberikan yang terbaik dan sportif sehingga pulangnya nanti bisa membawa juara dan mengharumkan nama daerah, mereka ini atlet untuk cabang lari balok dan sumpitan,” pungkas Wabup.

Sementara itu, Kepala Dispora BS Santono MPd mengatakan, sebelumnya telah dilakukan seleksi 12 September lalu, dan training center terhadap atlet tersebut. Sehingga mereka diharapkan bisa maksimal saat perlombaan di Babel nanti. “Sebelumnya mereka sudah mengikuti training center dan latihan secara maksimal,” terang Santono yang juga Ketua KPOTI Bengkulu Selatan, Santono M.Pd.

Dikatakan Santono, KPOTI Bengkulu Selatan sangat mendukung olahraga tradisional dan permainan rakyat ini, agar lebih dikenal oleh generasi sekarang. Diakui memang saat ini, keberadaan olahraga tradisional tersebut sudah mulai punah dan ditinggalkan anak-anak sekarang. "Mereka lebih memilih untuk bermain gadget, ketimbang permainan olahraga tradisional ini. Padahal sangat menarik dan sekarang sudah dilombahkan,” kata Santono.(one)

Sumber: