Bangga, Siswa BS Wakili Bengkulu Diajang Nasional

Bangga, Siswa BS Wakili Bengkulu Diajang Nasional

KOTA MANNA - Prestasi membanggakan kembali dipersembahkan oleh siswa asal Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Kali ini datang dari SMPN 4 BS, yakni salah seorang siswanya atas nama Ineke Anindia (14), berhasil mewakili Provinsi Bengkulu dalam ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) ke tingkat Pusat pada cabang lomba matematika.

Siswi kelas IX B SMPN 4 itu, sebelumnya bertarung dalam pelaksanaan KSN tingkat Provinsi (KSN-P) yang digelar secara online pada pertengahan Oktober lalu. Pada kesempatan itu, Ineke berhasil meraih nilai tertinggi dari ratusan peserta SMPN se Provinsi Bengkulu.

“Betul ada salah satu siswa kami yang lolos ke KSN pusat. Ini sangat membanggakan dan mengharumkan nama baik daerah. Jika tidak ada halangan, kemungkinan pada awal November mendatang ananda Ineke akan bertarung di KSN pusat,” ujar Kepala SMPN 4 BS, Hj. Nurlaili, S.Pd.

Diteruskannya, sejak awal Ineke sudah menampakkan bakatnya dalam kemampuan mengerjakan dan menyelesaikan soal matematika. Ineke juga terkenal cerdas di sekolahnya itu, sehingga dikandidatkan sekolah untuk ikut seleksi KSN.

“Awal seleksi tingkat sekolah, Ineke berhasil meraih nilai tertinggi. Kemudian lanjut ke tingkat kecamatan, dia juga meraih nilai tertinggi. Sampai pada akhirnya di titik ini, harapan kami pada ajang KSN pusat nantinya, siswa kami bisa menjadi pemenang,” kata Nurlaili.

Sejak diumumkannya pemenang lomba pada ajang KSN-P itu, Ineke semakin giat belajar dan menyelesaikan kisi-kisi soal matematika. Disamping itu, Ineke diberikan pembinaan khusus oleh guru pendamping guna meningkatkan kapasitasnya.

“Kami belum tahu jadwal persisnya kapan pelaksanaan KSN pusat ini. Namun, persiapan matang terus dilakukan. Mudah-mudahan, ananda Ineke dapat bersaing dengan puluhan siswa dari perwakilan provinsi se-Indonesia nantinya,” ucap Nurlaili.

Di sisi lain, pada ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, pada tanggal 24-27 Oktober mendatang. Nama pemuda asal Kabupaten BS juga masuk dalam daftar kandidat pemuda pelopor yang mewakili Provinsi Bengkulu. Pemuda itu bernama Exsi Pebri R, selaku ketua organisasi Penggunde (penjelajah goa gunung hutan desa) BS.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) BS, Santono, M.Pd mengaku, Exsi terpilih menjadi kandidat pemuda pelopor Provinsi Bengkulu, setelah hasil rapat keputusan panitia fact finding yang digelar pada tanggal 21 September lalu. Dalam kesempatan itu, Exsi mewakili Provinsi Bengkulu dalam bidang pemuda pelopor Sumber Daya Alam (SDA), lingkungan dan pariwisata.

“Rencananya besok pagi (hari ini), Exsi akan diterbangkan ke Jakarta untuk mengikuti seleksi selanjutnya. Sebelumnya Exsi sudah bertemu dengan Bupati BS, dan pak Bupati sangat mensupport prestasi tersebut untuk kemajuan daerah BS kedepannya,” kata Santono.

Untuk itu, dirinya berharap masyarakat BS agar mendukung dan mendoakan Exsi supaya bisa menjadi juara dalam ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional. “Mudah-mudahan pemuda asal BS bisa menjadi juara dan mengangkat nama baik daerah,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: