Waspada Penyebaran Paham Radikal

Waspada Penyebaran Paham Radikal

KOTA MANNA - Penyebaran paham radikal yang mengarah ke ajaran sesat dan melawan ideologi negara kerap bermunculan di tengah masyarakat. Paham yang disebarkan oleh oknum yang bertujuan merusak dan menghasut persatuan itu banyak menjurus ke arah negatif, seperti mengaku sebagai nabi dan membuat agama baru.

Kapolres BS, AKBP Juda Trisno Tampubolon, SH, SIK, MH melalui Kasat Binmas, AKP Syafik mengimbau, masyarakat tidak terpengaruh dengan godaan para penyebar paham tersebut. “Harus waspada dan menangkal aliran radikal yang banyak mengincar masyarakat. Soalnya hal itu akan membawa ke arah perbuatan yang tidak benar,” imbau Kasat Binmas

Banyak cara pelaku penyebar aliran sesat untuk membujuk masyarakat agar tertarik bergabung dalam ajaran mereka. Modus mereka masuk ke lingkungan baru biasanya dilakukan juga berbagai alasan, seperti membawa ajaran agama tertentu. “Harus mewaspadai orang asing yang belum dikenal masuk dilingkungan kita. Soalnya hal bisa jadi modus oknum penyebar aliran sesat agar bisa masuk dan membujuk masyarakat untuk bergabung,” ujarnya.

Kasat Binmas juga mengimbau kepada masyarakat tidak segan melapor ke polisi jika menemukan atau mencurigai orang yang melakukan ritual keagamaan diluar ajaran agama pada umumnya. Selain itu, peranan tokoh agama juga penting untuk memberikan pendalaman ilmu agama kepada masyarakat agar tidak mudah terpengaruh terhadap aliran sesat. (yoh)

Sumber: