Siswa SMKN 2 BS Ikuti LKSS Tingkat Nasional

Siswa SMKN 2 BS Ikuti LKSS Tingkat Nasional

KOTA MANNA - Nama Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) kembali harum di kancah nasional, khususnya di bidang lomba akademik. Terbaru, siswa asal SMKN 2 BS atas nama Jembar Tuludo, berhasil lolos ke tahap nasional mewakili Provinsi Bengkulu dalam ajang Lomba Kompetensi Siswa SMK (LKSS) ke XXIX tahun 2021.

Siswa yang tengah duduk di kelas XII Agribisnis Ternak Unggas SMK tersebut, berhasil mengalahkan ratusan peserta se-Provinsi Bengkulu pada bidang lomba Livestock Technology atau teknologi peternakan.

“Hari ini (kemarin) sedang berlangsung kegiatan LKSS tingkat nasional. Dimana, salah satu pesertanya dari Provinsi Bengkulu yakni siswa SMKN 2 BS. Ini patu dibanggakan, karena prestasi ini luar biasa dan membawa nama baik Bengkulu,” ujar Kasi Pembinaan SMK Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Wilayah III Manna, Novon Defrianto, S.Pd.

Diteruskannya, pada awal seleksi sebelumnya. Jembar tidak sendirian, ada beberapa peserta yang ikut bergabung dalam bidang lomba tersebut. Namun, hanya Jembar yang berhasil lolos ke tingkat Provinsi.

“Sejak awal kegiatan LKSS ini digelar secara daring. Jadi, semua peserta tidak berhadapan langsung, melainkan berkompetisi lewat virtual. Termasuk untuk LKSS tingkat nasional ini, tetap digelar daring,” kata Novon.

LKSS sendiri merupakan ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek RI, dalam menjaring bakat akademik peserta didik. Semua peserta yang lolos kompetensi itu, akan diberikan penghargaan langsung dari pusat. “Kompetisi ini akan berlangsung hingga 30 Oktober mendatang. Harapan kami, siswa dari BS bisa menjadi pemenang,” tukas Novon.

Terpisah, Kepala SMKN 2 BS, Desi Roza Linda, M.Pd membenarkan salah seorang siswanya lolos ajang LKSS Nasional. Saat ini siswa tersebut sedang mengikuti kompetensi lanjutan secara daring. “Sedang berkompetisi, nanti pengumuman pemenang setelah 30 Oktober. Mudah-mudahan anak kami jadi juara,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: